ITS News

Kamis, 02 Mei 2024
05 Maret 2024, 13:03

Dukung Penuh Kesejahteraan Mahasiswa, ITS Orbitkan Beasiswa Asih

Oleh : itshan | | Source : ITS Online
Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Imam Abadi ST MT saat menjelaskan beasiswa asih

Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Imam Abadi ST MT saat menjelaskan beasiswa asih

Kampus ITS, ITS News – Membantu mahasiswa merealisasikan impian mereka, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan program beasiswa asih. Bersamaan dengan pengukuhan ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di Auditorium Research Center ITS, Rabu (28/01), beasiswa asih diumumkan sebagai manifestasi dukungan konkret untuk individu muda dalam lingkungan akademis yang mengalami kendala finansial.

Pada kesempatan peluncurannya, Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Imam Abadi ST MT mengungkapkan bahwa kehadiran beasiswa asih merupakan langkah antisipatif untuk mengatasi ketidaksesuaian kuota beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) yang diberikan oleh pemerintah. Beasiswa ini hadir dengan konsep inovatif yang mengaitkan para pemangku kepentingan di ITS yang ingin memberikan sumbangan keuangan kepada calon penerima beasiswa.

Dengan tekad yang bulat, Imam menegaskan komitmennya agar ITS tidak terkendala oleh masalah keuangan yang mungkin membuat mereka terhenti dalam mengejar pendidikan. Pernyataan ini menjadi pemicu utama untuk melahirkan sebuah inisiatif penting, yaitu program beasiswa asih. Dalam waktu yang tidak lama lagi, program ini akan difokuskan secara khusus untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa yang tengah mengikuti program KIPK.

peresmian launching beasiswa asih

Peresmian program beasiswa asih oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT

Dalam jalannya operasional, pemberian beasiswa ini akan melibatkan proses kesepakatan antara penerima dan penyelenggara beasiswa. Tiap-tiap kesepakatan akan diresmikan melalui tanda tangan pada Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang secara otomatis dihasilkan oleh sistem. “Seluruh tahapan ini dapat diakses secara publik melalui portal resmi beasiswa asih,” tambah Dosen Departemen Teknik Fisika ITS tersebut.

Dalam merespons pertanyaan terkait layanan, Kepala Seksi Pengembangan Karakter, Imam Syafawi Ahmad SSi MSi, dengan tegas menyampaikan bahwa ITS telah mengimplementasikan standarisasi layanan bermutu tinggi yang telah berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi ini menjadi bukti konkret bahwa mutu layanan dan sistem yang diterapkan pada program beasiswa asih di ITS telah terjamin dengan baik.

Foto bersama pengukuhan ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahawsiswa (Ormawa) ITS, Rabu (28/02) di Auditorium Research Center

Foto bersama pengukuhan ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahawsiswa (Ormawa) ITS, Rabu (28/02) di Auditorium Research Center

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Isa tersebut menjelaskan bahwa penjaminan mutu diilustrasikan melalui integrasi sistem dari beasiswa ini yang telah terdokumentasi dengan baik secara digital. Harapannya, beasiswa ini di masa depan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa yang membutuhkannya. “Dengan langkah awal ini, klausa tidak boleh ada mahasiswa ITS yang berhenti kuliah karena keterbatasan dana dapat benar-benar terwujud,” tegasnya menutup tanya jawab. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait