ITS News

Rabu, 01 Mei 2024
04 Maret 2024, 17:03

CommTECH Camp Perkuat Internasionalisasi Lewat Strategi Transportasi dan Maritim

Oleh : itsrea | | Source : ITS Online
Panitia dan peserta berfoto bersama saat pembukaan acara CommTECH 2024

Panitia dan peserta CommTECH Camp Insight 2024

Kampus ITS, ITS News – Direktorat Kemitraan Global (DKG) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menyelenggarakan Community and Technological Camp (CommTECH) 2024, khusus untuk sub kursus C dan D. Pada kesempatan sub kursus ini, peserta diundang untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai material bahan cerdas, transportasi, dan strategi maritim.

Dalam kesempatan yang kedua ini, CommTECH Camp Insight 2024 secara khusus menyoroti sub kursus C dan D dengan tema utama Solving Local Problems with the Global Knowledge CommTECH. Acara ini tidak hanya menjadi forum untuk berdiskusi, tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk aktif berkontribusi dalam menanggulangi tantangan lokal dengan memanfaatkan wawasan global yang mereka peroleh.

Pada tahap sub kursus C, para peserta didorong untuk melakukan sintesis pada material cerdas dan mendalam pada karakteristiknya, dengan tujuan agar mereka dapat memahami aplikasi material tersebut dengan lebih tepat. Material cerdas dianggap sebagai landasan utama bagi berbagai inovasi teknologi karena mampu menunjukkan karakteristik yang berbeda dalam merespons rangsangan serta menunjukkan perilaku otonom.

Perkenalan diri

Salah satu peserta CommTECH 2024 saat memperkenalkan dirinya pada kegiatan sub kursus Transportasi dan Strategi Maritim

Sebagai contoh, material perubahan fasa menjadi representasi yang menarik, dapat membantu manusia tetap nyaman beraktivitas di dalam ruangan dengan kemampuannya menyerap panas di siang hari dan melepaskannya di malam hari. Melalui pemahaman mendalam dan pemanfaatan optimal terhadap material cerdas, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

Dalam sub kursus D, peserta akan mendalami sistem kerja transportasi maritim melalui diskusi dan simulasi pengetahuan dasar mengenai aspek-aspek kunci, seperti sistem logistik, pelabuhan, dan pelayaran. Implementasinya melibatkan kunjungan langsung ke beberapa perusahaan pelayaran dan otoritas pelabuhan, memberikan peserta pengalaman praktis yang berharga.

Selain itu, peserta sub kursus ini juga akan diberdayakan dengan strategi ekonomi yang efektif untuk mengoptimalkan manajemen logistik maritim, mengembangkan sektor industri pelayaran, dan mendukung keberlanjutan pelabuhan. Dengan demikian, diharapkan sub kursus ini tidak hanya meningkatkan wawasan peserta tetapi juga meningkatkan kesadaran akan peran krusial transportasi maritim dalam dinamika global yang terus berkembang.

Peserta CommTECH 2024 ketika memainkan permainan tradisional Indonesia, lari kelereng

Peserta CommTECH 2024 ketika memainkan permainan tradisional Indonesia, lari kelereng

Tak hanya menyelenggarakan kegiatan terkait sub kursus, para peserta CommTECH Camp Insight 2024 sub kursus C dan D juga diundang untuk merasakan keberagaman budaya Indonesia, termasuk mempelajari tari Manasai. Selain itu, mereka akan diajak menjelajahi keindahan tempat wisata di Surabaya, seperti Alun-alun Surabaya, Kampung Genteng Candirejo, hingga Kawasan Tugu Pahlawan.

Program ini tidak hanya menjadi wadah untuk membangun kembali semangat internasionalisasi di ITS, tetapi juga sebagai kesempatan emas untuk membuka, memperkuat, dan meningkatkan jejaring hubungan antara ITS dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia. Dengan demikian, diharapkan para sivitas akademika dapat terus memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan sekitarnya. (*)

 

Reporter: Andra Eka Wijayanti
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait