ITS News

Senin, 29 April 2024
14 Desember 2023, 17:12

SIMT ITS Jadi Tuan Rumah Kongres Luar Biasa Forkom PPPI

Oleh : itsmif | | Source : ITS Online
Peserta Kongres Luar Biasa Forkom PPPI

Para peserta perwakilan dari universitas Penyelenggara Program Profesi Insinyur (PPPI) pada Kongres Luar Biasa Forkom PPPI

Kampus ITS, ITS News — Perdana digelar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dipercaya menjadi tuan rumah Kongres Luar Biasa (KLB) sekaligus Sekretariat Forum Komunikasi (Forkom) Penyelenggara Program Profesi Insinyur (PPPI). Kegiatan yang dilangsungkan pada, Jumat (8/12) tersebut bertempat di Auditorium Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT), Kampus ITS Tjokroaminoto.

Ketua Forkom PPPI, Ir M Agus Kariem ST MT PhD IPM pun menyampaikan agar kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin serta turut dihadiri oleh 42 universitas PPPI. Delegasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut juga menyampaikan apresiasinya terhadap SIMT ITS karena telah membantu mempersiapkan kegiatan ini.

Lebih lanjut, Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi dan Keanggotaan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Timur, Ir R Pius X Rooswan Happmono ST MT menuturkan bahwa kongres ini pertama kali diadakan di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini ditujukan untuk merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) dari organisasi yang menaungi seluruh universitas PPPI.

Direktur Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS Prof Dr Rer Pol Heri Kuswanto MSi (paling kanan) ketika berfoto bersama dengan para pengurus Forkom PPPI

Direktur Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS Prof Dr Rer Pol Heri Kuswanto MSi (paling kanan) ketika berfoto bersama dengan para pengurus Forkom PPPI dan panelis yang hadir dalam kegiatan

Penunjukkan ITS sebagai tuan rumah KLB dan Sekretariat Forkom PPPI bukanlah tanpa alasan. Pius menyampaikan bahwa ITS merupakan pencetak lulusan insinyur terbanyak di Indonesia. Tak hanya itu, Jawa Timur juga merupakan wilayah dengan jumlah kampus PPPI terbanyak. “Karenanya, kami menilai bahwa penunjukkan ini akan memberi kemudahan untuk koordinasi ke depannya,” sambungnya.

Sejalan dengan Pius, Direktur Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS, Prof Dr Rer Pol Heri Kuswanto MSi mengaku sangat senang atas kesempatan ini. Baginya, hal ini dapat menjadi kesempatan emas bagi ITS untuk dapat membuka peluang kerja sama yang lebih besar dengan pihak luar. “Saya berharap agar Forkom PPPI ini dapat segera legal secara hukum guna mendukung program-program lain ke depannya,” paparnya. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

 

Berita Terkait