ITS News

Senin, 29 April 2024
15 November 2023, 16:11

Junjung Kampanye Demokratis, Bacarek ITS Paparkan Program Unggulan

Oleh : itsfia | | Source : ITS Online
Bacarek ITS periode 2024-2029 nomor urut 11 hingga 20

Sepuluh Bacarek ITS periode 2024-2029 nomor urut 11 hingga 20 yang memaparkan program unggulannya dalam sesi pemaparan dan debat hari kedua, Rabu (15/11)

Kampus ITS, ITS News — Wujudkan Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2024-2029 yang demokratis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar Pemaparan dan Debat Para Bakal Calon Rektor (Bacarek) hari kedua, Rabu (15/11). Tak kalah meriah, kali ini giliran bacarek nomor urut 11 hingga 20 yang memaparkan program unggulannya secara langsung kepada sivitas ITS.

Serupa  dengan hari sebelumnya, Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor ITS, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA IPU AEng berujar bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk memperkenalkan para kandidat kepada sivitas akademika ITS. “Supaya warga bisa melihat langsung kira-kira siapa yang paling tepat untuk memimpin ITS ke depan,” terangnya. 

Dimoderatori oleh Jurnalis Kondang Arif Pribadi, pemaparan di hari kedua ini akan terbagi dalam tiga sesi utama. Sesi pertama dimulai dengan pemutaran video dan paparan program unggulan masing-masing bacarek. Selanjutnya, para bacarek menjawab pertanyaan berdasarkan undian. Terakhir, sivitas ITS diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terbuka yang dapat dijawab langsung oleh para bacarek.

Antusiasme pendukung Bacarek ITS

Semangat dan antusiasme partisipan yang hadir dalam sesi pemaparan dan debat dalam mendukung bacarek unggulannya

Suasana riuh kampanye terasa kental mengiringi paparan masing-masing bacarek. Masing-masing tim sukses hadir meramaikan sesi pemaparan dan debat kali ini. Dimulai dengan bacarek nomor urut 11, Dr Ir Machsus ST MT yang membawakan gagasan Adaptif, Simpatik, Inovatif, inklusif, kontributif (ASIK). Gagasan tersebut didukung dengan sembilan program unggulan yang mengedepankan kolaborasi, di antaranya ITS-Kampus Mutu Pendidikan Unggul serta ITS-Kampus Riset Berdampak.

Pemaparan dilanjut oleh Bacarek nomor urut 12, Prof Lalu Muhamad Jaelani ST MSc PhD dengan program unggulannya yang mengedepankan percepatan program kerja untuk menciptakan ITS yang sejahtera dan bereputasi. Tak kalah bersaing, Prof Dr Eng Siti Machmudah ST MEng sebagai Bacarek nomor urut 13 yang mengunggulkan aspek pertumbuhan, digitalisasi, serta kerja sama dalam menciptakan ITS sebagai research and innovative university.

Sementara itu, Bacarek nomor urut 14, Prof Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng meyakini bahwa ITS membutuhkan program berkelanjutan setiap periodenya yang dapat membumi sekaligus mendunia melalui enam strategi inisiatifnya. Adapun Bacarek nomor urut 15, DrEng Trika Pitana ST MSc yang juga menyampaikan program unggulan untuk menciptakan ITS sebagai kampus kelas dunia yang dapat menjadi rujukan serta menunjang kemajuan industri kelautan hingga kesehatan.

Tanya jawab dan sesi sanggah bacarek

Suasana tanya jawab soal undian dan sesi sanggah antar Bacarek ITS periode 2024-2029

Dilanjut dengan Bacarek nomor urut 16, Bambang Pramujati ST MScEng PhD menguraikan lima rencana aksinya untuk pengembangan ITS yang  berkelanjutan, di antaranya penguatan reputasi akademik hingga riset dan inovasi yang berdampak. Sedangkan Bacarek nomor urut 17, Imam Baihaqi ST MSc PhD menyampaikan gagasan e-Kreasi, yaitu Ekselensi, Enterprising, Kreatif Inovatif, serta Bereputasi dengan salah satu program andalan berupa perluasan karir tendik dan kualifikasi dosen.

Disusul oleh Bacarek nomor urut 18, Prof Dr Agung Purniawan ST MEng juga menyampaikan program unggulan di bidang tata kelola sistem informasi serta peningkatan kolaborasi riset sebagai cerminan slogannya yaitu Santun, Integritas, Amanah, dan Profesional (SIAP). Adapun Bacarek nomor urut 19, Prof Dr Harus Laksana Guntur ST MEng juga menyampaikan beberapa program andalan seperti peningkatan kualitas sistem pembelajaran berbasis IT hingga peningkatan kesejahteraan sivitas ITS.

Mengakhiri sesi pemaparan hari kedua, Bacarek nomor urut 20, Dr Surya Sumpeno ST MSc turut menyampaikan program utamanya dalam enam strategi, salah satunya adalah mendorong kemampuan multidisplin bagi mahasiswa. Belum berakhir, sesi pemaparan dan debat bacarek ini juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab soal undian oleh masing-masing bacarek. 

Foto bersama Sivitas ITS dalam sesi Pemaparan dan Debat Bacarek ITS periode 2024-2029

Kesepuluh Bacarek ITS, Panitia Pemlihan Rektor, serta seluruh Sivitas ITS yang hadir dalam sesi pemaparan dan debat berfoto bersama

Menariknya, jawaban yang diberikan pada sesi kedua tersebut  juga dapat disanggah oleh bacarek lainnya. Selain itu, pertanyaan terbuka dari berbagai kalangan sivitas akademika ITS yang  berkaitan dengan kualitas dosen, karakter mahasiswa, infrastruktur di ITS, dan hal-hal lainnya turut meramaikan pesta demokrasi yang berlangsung di Graha ITS ini.

Bersamaan dengan berlangsungnya sesi pemaparan dari setiap bacarek, saat ini hingga tanggal 16 November seluruh sivitas ITS dapat melakukan uji coba voting melalui pelatform e-aspirasi di MyITS. Harapannya, ini dapat menjadi sarana meningkatkan partisipasi seluruh sivitas pada hari pelaksanaan pemungutan suara yang akan dimulai 21 November mendatang. (*)

 

Reporter: Fathia Rahmanisa
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait