ITS News

Jumat, 03 Februari 2023
14 Desember 2022, 16:12

Bermodalkan Percaya, Lucyf Band Raih Gelar Juara

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Lucyf Band menyanyikan lagu Closer ciptaan Chainsmokers

Kampus ITS, ITS News — Setelah sukses menghidupkan euforia penonton lewat lagu Closer ciptaan Chainsmokers, Lucyf Band berhasil memenangkan juara pertama kategori Band Competition Maba Cup 2022. Sang keyboardist, Fernandio Farrel Putra Susilo mengaku bahwa kunci dari pencapaian yang telah diraih mereka adalah rasa percaya.

Lelaki yang akrab disapa Onyx ini mengatakan, utamanya, rasa percaya harus ditanamkan pada pribadi masing-masing member. Ketika kepercayaan diri para anggota band menjadi satu di atas panggung, maka akan memberikan performa yang lebih baik. “Bahkan saat pengumuman belum dibacakan, kami memasang mindset yakin memenangkan kompetisi ini,” tegasnya.

Selain itu, menurut mahasiswa Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2022 ini, mempercayai anggota satu sama lain juga penting. Karena, akan berdampak pada chemistry dan aspek-aspek lainnya. Contohnya seperti dapat meminimalisir permasalahan konflik internal yang dapat mengganggu strategi perlombaan. 

Ia lanjut menceritakan, band yang berisikan enam orang mahasiswa baru angkatan 2022 ini terdiri dari departemen berbeda-beda. Selain Onyx, ada Nathania Khairun Nisa dari Departemen Perencanaan Wilayah Kota (vokalis), Aghits Royyan Rohmannov (vokalis) dan Andi Ilham Anggoro dari Departemen Infrastruktur Sipil (gitaris). Selanjutnya, ada Aryo Rachman Setiadi dari Departemen Statistika (Bassist), serta Amanda Fayme dari Departemen Studi Pembangunan (Drummer).

Perbedaan latar belakang yang ada ini menjadi tantangan tersendiri, terlebih menyoal manajemen waktu. Karena untuk penampilan yang baik harus diiringi dengan latihan yang rutin, jadi semua harus bisa membagi urusan akademik dengan kegiatan band dengan seimbang. “Pelan tapi pasti, kami memasang strategi dengan menyicil persiapan dua minggu sebelum babak penyisihan dimulai,” ungkap Onyx.

Untungnya dalam mengatasi permasalahan tersebut, komunikasi antar anggota tetap berjalan, sehingga jadwal latihan dapat tersinkronisasi dengan lancar. Ditambah lagi, selain latihan Onyx dkk sering berkumpul untuk menciptakan ikatan satu dengan anggota lainnya. Dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya pada band yang namanya berarti nol keberuntungan. 

Onyx menyatakan, gelar juara yang telah dibawa Lucyf Band sebanding dengan persembahan terbaik yang diberikan kepada penonton pada di Sabtu (3/12). Apalagi, band asal Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik ITS ini mendapatkan kesempatan berharga yaitu, menjadi penampil terakhir sekaligus menutup kemeriahan kompetisi Maba Cup 2022.

Ia berharap Lucyf Band akan terus berjalan dan tetap solid tidak hanya sampai akhir perkuliahan, tetapi juga pasca kuliah. “Semoga rasa percaya satu sama lain harus menjadi pegangan teguh bagi tiap anggotanya,” tandasnya. (*)

Onyx (tengah) saat menerima penghargaan Juara pertama Band Competition Maba Cup 2022

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait