ITS News

Rabu, 08 Februari 2023
05 Desember 2022, 12:12

Bantu Kembangkan Sektor Pertanian Jombang, ITS Rancang SIPETA

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Foto bersama tim riset Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama fasilitator dinas pertanian Kabupaten Jombang

Jombang, ITS News – Guna memenuhi kebutuhan operasional sektor pertanian kabupaten Jombang, tim riset Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Lahan (SIPETA). Dilengkapi dengan 11 fitur, aplikasi ini digadang-gadang memberikan kemudahan bagi petani dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Jombang.

Ketua tim Information Technology (IT) SIPETA, Yoga Cahya Romadhon menjelaskan bahwa 11 fitur yang dimaksud meliputi Mitra, Agen, Geografis, Informasi Harga, Irigasi, Pola Tanam, Produktivitas, Jadwal Panen, Luas dan Tipe Lahan, Kebutuhan Pupuk, dan Organisme Pengurai Tanaman (OPT). “Fitur tersebut dapat diakses oleh pengguna SIPETA melalui ponsel cerdas masing-masing,” paparnya.

Menurut Yoga, untuk mengakses fitur-fitur tersebut, diperlukan beberapa langkah sederhana. Pertama, pengguna harus masuk ke dalam website resmi SIPETA dan memilih opsi login. “Setelah berhasil login, pengguna dapat mengakses menu admin di sisi kiri layar,” tuturnya menerangkan.

Yoga Cahya Romadhon tengah menerangkan cara mengakses aplikasi SIPETA

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi tersebut menambahkan bahwa fitur-fitur yang dihadirkan oleh SIPETA dirancang khusus untuk memudahkan para petani Jombang. Dalam fitur Geografis dan Irigasi, pengguna dapat mengetahui informasi terkait ketinggian dan panjang irigasi dengan mudah. “Terdapat pula fitur Jadwal Panen yang memungkinkan pengguna mengetahui informasi terkait tempat, bulan, tahun, komoditas, dan luas panen,” sambungnya.

Laki-laki asal Surabaya tersebut juga mengungkapkan bahwa pengguna tidak hanya dapat mengakses informasi, tetapi juga dapat mengedit informasi yang akan disajikan kepada para pengguna aplikasi SIPETA. “Opsi pengeditan dapat berupa penambahan data, pengurangan data, pemasukan data, dan penghapusan data,” timpal Yoga.

Tampilan fitur Jadwal Panen SIPETA

Ke depan, Yoga berharap website ini dapat menebar kebermanfaatan dan digunakan dengan baik oleh para petani. “Semoga SIPETA dapat membantu dinas pertanian setempat dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Jombang,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait