ITS News

Kamis, 08 Desember 2022
10 November 2022, 07:11

Abmas ITS Kembangkan Website bagi Sekolah Luar Biasa

Oleh : itsly | | Source : ITS Online

Tim Abmas ITS bersama pengelola Sekolah Luar Biasa YPAC

Kampus ITS, ITS News – Beradaptasi dengan kemajuan teknologi, institusi pendidikan pun dituntut untuk terus bersahabat dengan teknologi. Bantu institusi pendidikan manfaatkan teknologi, tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) Departemen Teknik Biomedik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan situs web institusi pendidikan disabilitas Sekolah Luar Biasa (SLB) YPAC Surabaya.

Dr Achmad Arifin ST MEng, Ketua tim Abmas sekaligus Kepala Departemen Teknik Biomedik ITS mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu SLB YPAC mendirikan pusat media informasi yang juga menjadi dukungan terhadap transformasi digital di bidang pendidikan. “Sampai saat ini SLB YPAC Surabaya belum juga memiliki laman web, kami hadir untuk menjawab permasalahan tersebut,” ungkapnya.

Tampilan website SLB YPAC Surabaya yang dikembangkan oleh Tim Abmas ITS

Situs web yang dapat diakses melalui https://slbypac-sby.sch.id/ ini menjadi bentuk pengembangan teknologi pembantu dan rehabilitasi yang mengintegrasikan pengelolaan data sekolah. Dalam situs yang menjadi luaran Abmas tersebut, dimuat informasi mengenai organisasi, kesiswaan, kurikulum, saran, profil, kegiatan, kontak, hingga tautan menuju media sosial SLB YPAC Surabaya yang dikemas sebagai sebuah sistem yang ramah pengguna.

Kegiatan Abmas dimulai dengan penggalian kebutuhan sekolah mitra melalui focus group discussion (FGD). Langkah berikutnya adalah tahap pengumpulan data-data yang hendak ditampilkan dalam situs web. Setelahnya, dilakukan perancangan desain situs web oleh tim Abmas. “Setelah membuat prototipe situs web, langkah terakhir adalah kurasi informasi untuk validasi data dan pengembangan situs ke depannya,Imbuh pria yang akrab disapa Arifin tersebut.

Koordinasi antara tim Abmas ITS bersama dengan jajaran pengurus SLB YPAC Surabaya

Dalam pengerjaannya, tim Abmas sempat menemui kendala dalam proses pengumpulan data, lantaran sebagian besar data merupakan data mentah. Kendati demikian, kegiatan tim Abmas berhasil mengolah data dan sukses merampungkan pembuatan situs web dalam kurun waktu dua bulan sejak Agustus lalu.

Pada akhir kegiatan, tim Abmas juga menanyakan pendapat, saran, hingga kritik dari sekolah mitra terhadap situs web. Hasilnya, secara keseluruhan Pihak SLB YPAC memberikan tanggapan positif terhadap luaran yang dipersembahkan tim Abmas. “Situs web dirasa bermanfaat sekaligus memberi dampak sebagai sarana branding sekolah,” Papar lulusan Teknik Elektro ITS tersebut.

Menyambut antusiasme mitra, Arifin berharap inovasi yang dikembangkan tim Abmas ITS ini dapat menjadi pusat media informasi dan media penerapan manajemen pendidikan. Lebih lanjut, situs web juga diharapkan dapat meningkatkan akreditasi SLB YPAC ke arah yang lebih baik. “Semoga kelak kami bisa terus membantu sekolah mitra untuk membuat inovasi-inovasi lain yang dapat terus memberi banyak manfaat,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Shauma Aulya Zahra
Redaktur: Raisa Zahra Fadila

Berita Terkait