ITS News

Rabu, 30 November 2022
05 November 2022, 07:11

Alumni ITS Ajak Mahasiswa Ulik Prospek Kerja Dosen

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Dr Nur Abdillah Siddiq ST  menyampaikan materi tentang pengenalan profesi dosen pada acara CIW

Kampus ITS, ITS News — Sebagai salah satu karir dengan prospek menjanjikan, profesi dosen dapat menjadi alternatif pilihan bagi para lulusan yang ingin berkiprah dalam dunia pendidikan. Untuk itu,  Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengajak mahasiswa untuk mengenal profesi tersebut lebih dalam pada Career Introduction Webinar (CIW).

Persiapan menuju dunia kerja merupakan suatu hal yang harus dilakukan semenjak dini. Sebagai alumnus ITS yang saat ini menapaki karir Dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Nur Abdillah Siddiq ST mengatakan, jika ingin menjadi dosen sudah seharusnya mempersiapkan diri sejak semester pertama.

Lulusan S1 Teknik Fisika dan S3 Fisika ITS ini melanjutkan, peluang kerja menjadi dosen masih cukup luas. Setidaknya hingga tahun 2030 peluang pekerjaan ini masih akan terbuka lebar. “Apalagi saat ini banyak  universitas-universitas baru yang didirikan, tentu itu butuh banyak dosen,” jelas elaki yang akrab disapa Abdillah ini.

Secara spesifik, ia menjelaskan bahwa profesi dosen untuk jurusan teknik fisika masih terbuka lebar. Hal tersebut diperkirakan akibat sedikitnya jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan teknik fisika. Sehingga dari segi kompetitor bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan dengan keilmuan yang lain.

Selain memiliki peluang kerja yang besar, profesi ini memiliki kriteria apa yang harus dipenuhi. “Di antaranya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,5, memiliki pengalaman publikasi, kemampuan berbahasa inggris yang bagus, dan diutamakan seorang lulusan S3,” sebutnya pada Minggu (23/10)..

Lelaki asal Sumenep ini menambahkan, kriteria atau faktor utama lainnya yang akan dilihat ketika mendaftar menjadi dosen adalah rekam jejak ketika menjadi seorang mahasiswa. Karena hal tersebut akan tertuang pada rekomendasi, yakni salah satu persyaratan berkas yang harus dipenuhi. 

Maka dari itu, IPK yang menjadi salah satu persyaratan berkas harus diusahakan betul semenjak semester pertama. Selain itu, ia menambahkan bahwa ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) juga bisa membantu memperlebar jalan menjadi seorang dosen, pasalnya dapat sebagai bekal untuk melakukan publikasi. 

Di akhir, Abdillah pun menekankan bahwa selain mengusahakan pemenuhan kualifikasi, untuk menjadi seorang dosen, tentu dibutuhkan niat yang teguh. “Sebagai mahasiswa ITS, kalian harus percaya diri, jangan menyerah, dan tetap semangat untuk menggapai mimpi,” pesannya. (*)

 

Reporter: ion14
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait