ITS News

Senin, 28 November 2022
02 November 2022, 13:11

SRE ITS Ungkap Peluang Besar Pada Sektor EBT

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Sustainability and Decarbonization Strategic Planning Enabler PT Astra International TBK, Muhammad Fadel, saat menyampaikan materinya di Career Talk SRE ITS

Kampus ITS, ITS News – Society of Renewable Energy (SRE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar Career Talk untuk memberikan pengenalan serta informasi terkait dunia pekerjaan dan energi terbarukan. Acara dengan tema Introduction Green Jobs as Your Future Career ini diadakan Sabtu (29/10).

Sustainability and Decarbonization Strategic Planning Enabler PT Astra International TBK, Muhammad Fadel, mengungkapkan bahwa kedepannya lowongan pekerjaan terkait energi terbarukan akan sangat luas. “Peluangnya sangat besar, terutama lima atau sepuluh tahun kedepan,” ujarnya.

Melalui perhitungan para ahli, pada tahun 2050 nanti akan ada 200-250 miliar dolar amerika value creation dari sustainability di Indonesia pada berbagai sektor. Beberapa contoh dari sektor tersebut adalah transportasi, industri (salah satunya hidrogen), dan energi. Angka value creation dari sustainability di dunia justru lebih fantastis lagi, yaitu 2 hingga 5 triliun dolar amerika.

Muhammad Fadel (kiri) dan Bima Krida Pamungkas (kanan) saat penyerahan kenang-kenangan dari panitia

Melanjutkan penjelasannya, Fadel menyebutkan, value creation atau menciptakan nilai, merupakan nafas dari suatu bisnis dan menggambarkan besar manfaat suatu produk. Semakin tinggi harga jual suatu value creation, menandakan bahwa nilai tersebut dianggap sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat oleh pasar konsumen. Selain itu, semakin tinggi harga jual dari value creation juga menandakan bahwa terdapat peluang bisnis yang besar pada sektor tersebut.

Semakin besar peluang bisnis maka semakin besar pula peluang pekerjaan. Oleh karena itu, Fadel menyarankan para mahasiswa ITS agar mempersiapkannya dari sedini mungkin, terutama soft skills. Menurut Fadel, terdapat dua soft skills yang sangat perlu untuk dikembangkan, yaitu berpikir kritis dan mengatasi suatu masalah. “Cobalah mulai berlatih dengan mencari dan menyelesaikan masalah yang ada di sekitar kita,” ucapnya.

 

Reporter: ion18
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait