ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
12 Oktober 2022, 19:10

Regenerasi SDM, ITS Lantik Pejabat dan Pegawai Baru

Oleh : itsuna | | Source : ITS Online

Petinggi ITS beserta tamu undangan dan peserta pelantikan dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat, PNS, Non PNS, dan Jabatan Fungsional

Kampus ITS, ITS News – Sebagai organisasi institusi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) perlu melakukan proses regenerasi sumber daya manusia (SDM) untuk dapat terus berkembang dan melanjutkan estafet kepengurusan. Oleh karena itu, ITS Lantik 31 pejabat, 8 Pegawai Negeri Sipil (PNS), 86 non-PNS, 71 jabatan fungsional di Gedung Pusat Riset ITS, Rabu (5/10).

Lebih rinci, pegawai non-PNS yang pada hari tersebut dilantik terdiri dari 24 non-PNS dosen dan 62 non-PNS tendik. Sedangkan pada jabatan fungsional, terdapat 49 orang untuk memegang jabatan fungsional asisten ahli serta 23 orang pemegang jabatan fungsional lektor.

Proses pelantikan kali ini berjalan dengan hikmat, diawali dengan pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Rektor ITS Dr Ir Mochamad Ashari MEng dan diikuti oleh seluruh peserta pelantikan. Kemudian dalam sambutannya, Ashari menjelaskan bahwa pengambilan sumpah dalam perubahan jabatan ini merupakan bagian dari ketatanegaraan sehingga sangat penting dilakukan oleh ITS sebagai perguruan tinggi berbadan hukum (PTN-BH). “Beberapa waktu lalu ada hakim agung yang dicabut jabatannya karena belum disumpah,” imbuhnya.

Proses penandatanganan pengambilan sumpah jabatan oleh peserta pelantikan pegawai, Rektor ITS, dan kedua saksi

Guru Besar Teknik Elektro ITS ini juga mengatakan bahwa perubahan kepegawaian saat ini terjadi dalam skala yang cukup besar. Hal ini merupakan dampak dari perubahan eksternal yang semakin cepat, termasuk kebijakan dari negara mengenai aturan PTN-BH. Oleh karena itu, ITS juga melakukan perubahan secara progresif dari segi jumlah SDM untuk menjaga keberlanjutan organisasi dan mendorong ITS untuk tetap berkembang.

Pria asal Sidoarjo ini berharap bahwa pegawai dan pemegang jabatan yang baru ini akan menjalankan tugasnya dengan penuh rasa ikhlas serta mengedepankan kepentingan bersama.  Selain itu, sangat besar harapannya bahwa pegawai baru ini dapat mendorong ITS untuk terus berkembang menghadapi tantangan di luar sana.  “Survive itu mudah, tetapi berkembang untuk mengalahkan yang lain dan menjadi yang terbaik itu harus diupayakan,” ujarnya.

Pemberian penghargaan kepada peserta pelantikan pegawai non-PNS teraktif dan terbaik

Menutup acara, ITS memberikan penghargaan kepada peserta pelatihan dasar non-PNS 2022 teraktif dan terbaik yang sudah dilaksanakan beberapa minggu lalu. Pelatihan dasar ini merupakan salah satu syarat yang harus diikuti pegawai untuk bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Penilaian yang diberikan untuk kategori peserta terbaik mencakup sikap dan perilaku, evaluasi akademik, rancangan aksi inovasi, serta kompetensi teknis bidang substansi. (*)

 

Reporter: Dian Nizzah Fortuna
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait