ITS News

Senin, 28 November 2022
10 Oktober 2022, 10:10

Pitching Day Tantang Startup ITS Perebutkan Dana Investasi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Presenter dari perusahaan rintisan bernama Etergy sedang melakukan pitching pada para investor

Kampus ITS, ITS News — Bermaksud memfasilitasi lima tim terbaik binaan inkubator untuk mengembangkan bisnisnya, Unit Kegiatan Mahasiswa Technopreneurship Development Center (UKM TDC) menggelar Pitching Day dalam rangkaian TDC Summit Fest. Kegiatan ini menantang kelima tim perusahaan rintisan tersebut untuk presentasi langsung dengan beberapa calon investor demi memperebutkan dana hibah untuk investasi.

Bertempat di Hotel Swiss-Belinn Manyar, gelaran yang tergabung dalam rangkaian acara TDC Summit Fest ini mendatangkan beberapa tokoh bisnis ternama. Seperti halnya Co-Founder dan Managing Director Paktukang, Rozaqul Anam. Adapun Managing Director Center for Environmental, Social, and Governance Studies (CESGS), Muhammad Ali Irsyad turut hadir dengan kapabilitasnya pada bidang pengelolaan bisnis. 

Terdapat lima tim yang turut berlomba dalam acara ini. Yang pertama adalah Alpha Academy, sebuah platform berbasis website yang menyediakan akses materi persiapan Kompetisi Sains Nasional. Berikutnya, InCrane (Industrial Smart Camera & IoT for Cranes), perusahaan rintisan yang memproduksi sistem kamera pintar dan sensor IoT untuk pemakaian container crane di pelabuhan. 

Selain itu, turut hadir Etergy, startup berbasis riset yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bahan bakar. Drafta sebagai startup yang mempertemukan mahasiswa dengan peluang-peluang pengembangan diri dan memberikan jasa penyaluran tenaga kerja magang bagi perusahaan juga ikut andil. Terrakhir adalah Lokapin, layanan terpadu meningkatkan pemantauan hewan peliharaan dengan sebuah kalung pintar menggunakan mekanisme IoT  yang terhubung dengan aplikasi.

Penyerahan penghargaan untuk Alpha Academy yang berhasil mendapatkan dana investasi

Dari kelima tim tersebut, Alpha Academy berhasil meraup investasi dari tiga investor tersebut. Sang pendiri, Ahmad Zaky Mubaarok Mauludi, menyatakan bahwa investasi senilai kurang lebih lima juta rupiah akan digunakannya untuk mengembangkan produk baru berupa paket pembelajaran komprehensif.  “Harapannya semoga kami bisa memberi manfaat ke lebih banyak orang dan sekolah, serta produk yang kita tawarkan bisa lebih berkualitas,” ucap mahasiswa yang biasa disapa Zaky tersebut.

Sejalan dengan rencana investasi Zaky selalu pelaku usaha yang memenangkan kompetisi ini, Ketua Panitia TDC Summit Fest,  Daffa Hafizh Syachaputra menjelaskan bahwa memang Pitching Day bertujuan agar usaha startup di ITS dapat lebih berkembang. “Kami membantu mereka terhubung dengan para  investor agar mendapatkan bantuan, baik dalam relasi ataupun materil sehingga nantinya dapat membentuk kolaborasi yang bersifat mutualisme,” ujar Daffa. (*)

 

Reporter: ion11
Redaktur: Astri Kusumaningtyas

Berita Terkait