ITS News

Kamis, 08 Desember 2022
29 September 2022, 18:09

Meriahkan Wisuda ke-126 ITS, Arak-arakan Kembali Digelar Luring

Oleh : itsfia | | Source : ITS Online

Antusiasme Mahasiswa Departemen Teknik Elektro saat mengiringi arak-arakan Wisudawan ITS 126

Kampus ITS, ITS News — Arak-arakan kembali hadir memeriahkan Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-126. Sempat digelar secara virtual karena pandemi, kali ini budaya pelepasan para wisudawan ini kembali diselenggarakan sepenuhnya secara luring selama dua hari sejak Sabtu, (24/9). Sukacita tak hanya dirasakan oleh para wisudawan, tetapi juga oleh para mahasiswa melalui tradisi khas Wisuda ITS tersebut.

Usai resmi diwisuda dan menerima ijazah, wisudawan disambut oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) tiap departemen untuk diarak dari Gedung Graha Sepuluh Nopember menuju gedung departemen masing-masing. Telah menjadi tradisi sejak lama, selebrasi ini dilakukan sebagai wujud apresiasi bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan beban studinya di jenjang sarjana.

Arak-arakan berlangsung sangat meriah. Tiap-tiap HIMA mengibarkan bendera himpunan sepanjang jalan menuju Graha. Iring-iringan motor, kereta kelinci, hingga truk militer untuk mengarak para wisudawan juga menjadi salah satu ciri khas budaya ini. Raut bahagia dan bangga pun turut menghiasi wajah para wisudawan.

Para wisudawan menaiki truk militer saat prosesi arak-arakan di Wisuda ITS ke-126

Meski ramai, arak-arakan pada wisuda periode kali ini berlangsung cukup tertib. Menurut penuturan Panitia Syukuran Wisuda dari Departemen Teknik Informatika, Mohammad Fany Faizul Akbar, selain penertiban yang turut dibantu Satuan Keamanan Kampus (SKK), dilakukan pula pembatasan mahasiswa yang mengiringi para wisudawan. “Dari Graha dibatasi 50 pengiring, saat sudah memasuki area kampus baru diikuti yang lain,” jelasnya.

Sesampainya di gedung departemen masing-masing, para wisudawan disambut dengan prosesi syukuran. Diiringi rangkaian sambutan dari Kepala Departemen, Ketua HIMA, penampilan-penampilan mahasiswa, hingga foto bersama. Tak lupa dengan bangga mengumandangkan mars dan Vivat ITS di setiap jurusan.

Potret para wisudawati yang diarak menuju departemennya

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Fany tersebut menuturkan rasa senangnya dapat ikut serta dalam perayaan wisuda ini. Ia berujar, selain pengurus HIMA yang memandu, para mahasiswa departemen dari angkatan 2022 ke atas juga turut memeriahkan rangkaian arak-arakan dan syukuran wisuda. “Persiapan rangkaian syukuran ini pun sudah dimulai kurang lebih sebulan sebelum wisuda,” tuturnya menambahkan.

Ia pun berujar bahwa pelaksanaan perayaan wisuda ke-126 ini berlangsung sangat meriah jauh di luar ekspektasinya, ia juga mengutarakan harapannya kepada para wisudawan ITS ke-126. “Mantap! Semoga kedepannya para wisudawan dapat mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Fathia Rahmanisa
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait