ITS News

Sabtu, 01 Oktober 2022
17 September 2022, 19:09

Resmi Ditutup, Chernival 2022 Pamit Undur Diri

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Chief Executive Officer Chernival 2022, Ajeng Almira Tarisha Asri saat memberikan sambutan

Surabaya, ITS News – Gelaran Chemical Engineering Innovation Festival (CHERNIVAL) 2022 resmi berakhir, Sabtu (10/9). Semarak konser musik dan donasi di Jatim Expo Surabaya turut meriahkan penutupan kegiatan yang tahunan garapan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Chief Executive Officer Chernival 2022, Ajeng Almira Tarisha Asri menjelaskan, sub kegiatan Saturnday hadir menutup Chernival 2022 dengan membawa tema eksplorasi ke luar angkasa. Tarisha menjelaskan, tema ini menggambarkan semangat mengeksplor bakat, ide, dan talenta hingga melampaui apapun. “Idenya adalah kita masih bisa merayakan kebahagiaan dalam keadaan pandemi ini,” ujar Tarisha.

Vokalis Vierratale, Widy Soediro Nichlany saat memeriahkan suasana dengan lantunan suaranya di closing Chernival

Acara konser musik ini dimeriahkan tiga musisi tanah air, yaitu Hivi!, Mahalini, dan Vierratale. Tarisha berharap kehadiran tiga bintang tamu ini mampu membuat Chernival sendiri dapat dikenal dan membuat banyak orang berdonasi pada acara ini. Tidak hanya itu, penampilan dari dua band asal ITS, SOURCE dan ITS Jazz, turut menyemarakkan malam itu.

Tarisha mengaku bahwa mengadakan konser di tengah pandemi memiliki tantangan yang lumayan berat. Demi memastikan protokol kesehatan tetap terlaksana, panitia mewajibkan penonton untuk vaksin booster, menggunakan masker, dan membawa pensanitasi tangan. Tidak lupa, panitia memastikan suhu tubuh di bawah 37,2 celcius sebelum masuk lokasi konser.

Terkait donasi, Tarisha menyebutkan kegiatan ini berhasil mengumpulkan Rp 11.645.929 dana donasi. Menurutnya, dana tersebut akan disalurkan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Surabaya. Tarisha mengungkapkan ia dan panitia merasa senang dan lega atas terselenggaranya Chernival. “Semoga Chernival semakin berjaya dan bisa berguna bagi sekitarnya,” harap Tarisha.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa rangkaian kegiatan Chernival yang telah dimulai sejak awal tahun 2022 ini mengusung tema besar Discharging Innovation through Youth Collaboration. “Harapannya Chernival dapat menjadi wadah kolaborasi generasi muda untuk menciptakan inovasi guna menjawab kebutuhan indonesia dan dunia,” paparnya.

Direktur Pendidikan ITS, Dr Siti Machmudah, saat memberikan sambutan pembuka di acara closing Chernival

Oleh karena itu, ia mengungkapkan bahwa tema tersebut diwujudkan melalui berbagai sub kegiatan Chernival. Kegiatan tersebut adalah olimpiade teknik kimia National Olympiad and Innovation Challenge of Chemical Engineering (NOPEC) dan kompetisi prototipe mobil berbahan bakar reaksi kimia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC).

Hadir dalam penutupan, Direktur Pendidikan ITS, Dr Eng Siti Machmudah ST MEng juga mengungkapkan rasa bangga dan senangnya terhadap kegiatan ini. Ia berharap kegiatan Chernival mampu membuat Departemen Teknik Kimia ITS lebih dikenal dan meyakinkan para siswa untuk mendaftar di ITS. (*)


Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait