ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
30 April 2022, 01:04

Semarakkan Ramadhan, ITS Ajak Mahasiswa Internasional Berbagi

Oleh : itswan | | Source : ITS Online

Salah satu anak yang berhasil menjawab pada permainan tebak-tebakan yang diajukan

Kampus ITS, ITS News Berbagi kepada sesama di bulan suci Ramadhan telah membudaya di Indonesia. Dalam rangka memperkenalkan budaya tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui ITS Global Engagement (GE) mengajak mahasiswa internasional ITS untuk berbagi kepada anak-anak di Panti Asuhan Iffatul Alijah, Sabtu (23/4).

Manajer Senior Promosi dan Mobilitas Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD, menuturkan bahwa sembilan mahasiswa internasional ITS turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Kami ajak mereka agar bisa merasakan suasana Ramadhan di luar kegiatan akademik,” ujar perempuan yang akrab disapa Oyn ini.

Dalam memanfaatkan momen berbagi ini, Oyn mengungkapkan bahwa ITS GE dan mahasiswa internasional ITS memberikan barang-barang kebutuhan pokok, seperti beras, gula, sarden, mie instan, hingga perlengkapan mandi dan dapur kepada pihak panti. Tidak hanya itu, mereka juga memanfaatkan momen untuk berinteraksi secara langsung dengan anak-anak di sana.

Rahma Othman Mussa, salah satu mahasiswa asing yang memerankan ibu dalam pentas drama “Batu Menangis”

Oleh karena itu, mereka mempersiapkan penampilan khusus untuk menghibur anak-anak di sana. Mereka membawakan pentas drama dengan lakon Batu Menangis. Mereka juga mengajak anak-anak bernyanyi bersama dalam lagu Keluarga Cemara. “Anak-anak sangat terhibur dengan penampilan mereka,” kisah Oyn.

Acara kemudian dilanjutkan dengan permainan tebak-tebakan bersama anak-anak. Riuh antusiasme anak-anak semakin meningkat. Mereka saling berebut untuk menjawab pertanyaan, terlebih setelah tahu bahwa akan ada hadiah untuk mereka yang mampu menjawab pertanyaan. 

Para mahasiswa asing dan anak-anak Panti Asuhan Iffatul Alijah berfoto bersama

Respons positif yang ditunjukkan oleh para mahasiswa dan anak-anak di panti asuhan meyakinkan Oyn dan tim ITS GE untuk terus melanjutkan kegiatan serupa ke depannya. Pasalnya, kegiatan seperti ini bukan kali pertama diadakan oleh ITS GE dan mahasiswa internasional. “Misalnya pada tahun lalu, kami berbagi sembako dan bertukar budaya melalui permainan tradisional dari berbagai negara,” imbuhnya.

Terakhir, Oyn berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi para mahasiswa internasional dan anak-anak di Panti Asuhan Iffatul Alijah. “Selain itu, semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik di panti asuhan tersebut,” pungkasnya. (*)

Reporter : Irwan Fitranto
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait