ITS News

Sabtu, 01 Oktober 2022
04 November 2021, 13:11

Bersama Ikoma, ITS Gelar Pertemuan Orang Tua Mahasiswa 2021

Oleh : itszan | | Source : ITS Online

Sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dan dilanjutkan dengan pemaparan pimpinan ITS serta kegiatan-kegiatan penunjang akademik di ITS

Kampus ITS, ITS News – Serangkaian kegiatan penyambutan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru (maba) 2021 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah usai digelar. Acara yang diadakan oleh ITS bersama Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) ini merupakan pertemuan perdana maba dan orang tua/wali mahasiswa 2021 bersama pimpinan ITS yang berlangsung secara virtual, Sabtu (23/10).

Dalam pertemuan tersebut, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, menyebutkan sejak masa orientasi awal, para mahasiswa telah dibimbing agar mereka mampu beradaptasi dengan segala program beserta fasilitas penunjang perkuliahan yang disediakan oleh ITS. Seperti salah satu program yang tengah gencar diminati mahasiswa yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM). Hal ini merupakan respon dari perubahan paradigma perguruan tinggi. “Pendidikan mahasiswa akan berfokus pada akademik, riset, inovasi, vokasi dan profesi,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Ashari ini menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa baru ITS tahun akademik 2021/2022. Ia menyampaikan bahwa penting untuk menjadi lulusan ITS yang dapat berkontribusi bagi bangsa. Misalnya dengan berperan sebagai insinyur, ilmuwan, maupun ahli teknik yang berkompeten di bidangnya. “Banyak juga profesi lain seperti di bidang wirausaha, wiraswasta, maupun profesional eksekutif yang dapat menjadi tujuan,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Guru Besar Teknik Elektro ini juga memaparkan berbagai organisasi dan kegiatan di internal ITS yang dapat membangun potensi pengembangan soft skill hingga non akademik mahasiswa. Dengan harapan, semua program yang dilaksanakan melalui kreativitas dan inovasi mahasiswa ini bisa bersinergi dalam memberikan kontribusi untuk membangun masyarakat. 

Sambutan Ketua Ikoma ITS, Ir Bambang Witjaksono MMT dalam acara Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru 2021 dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) ITS

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikoma ITS, Ir Bambang Witjaksono MMT menjelaskan bahwa kegiatan yang rutin digelar oleh Ikoma tiap tahunnya ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik antara wali mahasiswa dengan pimpinan ITS. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan gambaran kepada wali mahasiswa mengenai kehidupan akademik ITS, termasuk segala program dan komitmen ITS ke depan.

Menimpali ucapan Rektor ITS, Bambang mengungkapkan bahwa selama ini, Ikoma berusaha menunjang segala aktivitas mahasiswa secara aktif, baik di bidang akademik maupun non akademik. Karena mahasiswa berhak atas fasilitas yang dapat mendukung pendidikan, sementara Ikoma yang akan menjadi perantara orang tua mahasiswa. “Disanalah, mahasiswa bisa berkontribusi aktif untuk mengharumkan nama ITS di Indonesia hingga dunia,” jelasnya.

Adapun program Ikoma guna menunjang kompetensi mahasiswa ITS diantaranya, bantuan pendidikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Budaya, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), bantuan kesehatan melalui Medical Center, bantuan sarana dan prasarana, dan lainnya. Mengingat akan banyaknya peran Ikoma di pendidikan ITS, Bambang pun mengimbau kepada wali mahasiswa untuk turut berpartisipasi dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kompetensi tersebut agar program tersebut dapat terus dikembangkan.

Di akhir pertemuan, Bambang mengharapkan, orang tua mahasiswa baru 2021 selalu mendukung mahasiswa untuk terus berlatih dan mengasah diri agar siap berkompetisi. Pribadi mahasiswa mempunyai keistimewaan yang bertujuan untuk berkontribusi maksimal ke masyarakat. “Manfaatkan fasilitas pengembangan diri yang ada di ITS, hadapi tantangan, sehingga kita semua akan menjadi mahasiswa sejati di era digital saat ini,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fauzan Fakhrizal Azmi

Redaktur : Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait