ITS News

Selasa, 30 November 2021
24 Oktober 2021, 15:10

Kali Pertama, ICON 2021 Gelar Data Science Academy

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Para peserta dan panitia ICON Data Science Academy dalam sesi dokumentasi

Kampus ITS, ITS News – Arus data yang semakin cepat di era revolusi industri 4.0 membuat data science menjadi keilmuan yang ramai diperbincangkan banyak orang saat ini. Dalam mendukung hal tersebut, Information Technology Convention (ICON) 2021 menggelar kegiatan Data Science Academy untuk pertama kalinya yang berlangsung selama empat hari, mulai Sabtu (9/10).

Koordinator Acara ICON 2021, Muhammad Ichlasul Amal mengatakan bahwa Data Science Academy merupakan rangkaian pelatihan mengenai keilmuan sains data yang diselenggarakan dengan bermitra bersama komunitas sains data terbesar di Indonesia yakni Data Science Indonesia. Selain itu, Data Science Academy hadir sebagai media berbagi pengetahuan bagi para mahasiswa sarjana di seluruh Indonesia yang tertarik dengan keilmuan data.

Pelatihan yang berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu tersebut menghadirkan pakar di Komunitas Data Science Indonesia yaitu Fitria Nur Aida dan Radical Rakhman Wahid. Selain dua pemateri tersebut, hadir juga mentor yang akan membantu peserta yang kesulitan memahami materi maupun penugasan.

Menurut mahasiswa yang akrab disapa Ichlas ini, peserta diberikan penugasan harian dan mingguan selama akademi berlangsung. Penugasan yang diberikan lebih ke arah refleksi dari materi yang telah dipelajari. Bahkan, peserta juga memperoleh buku catatan materi dan penugasan, masukan penugasan, dan rekaman materi.

Penyampaian materi dalam rangkaian kegiatan ICON Data Science Academy

Sebelum resmi mengikuti akademi, terdapat proses seleksi dengan mengerjakan soal melalui platform HackerRank. Materi seleksi meliputi dasar-dasar dari pemrograman Phyton, sains data, dan statistika dasar. “Dari lebih dari 900 pendaftar, hanya terpilih 35 peserta yang berhak mengikuti pelatihan ini,” tegas mahasiswa angkatan 2019 ini.

Ichlas menyampaikan, sains data adalah keilmuan yang sangat luas dan tidak cukup hanya dipelajari empat hari saja. Ia berharap jika peserta yang telah mengikuti akademi ini dapat melanjutkan ketertarikan mereka dengan mempelajari lebih jauh terkait ilmu sains data. “Semoga para peserta juga bisa meniti karier di bidang sains data di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Salah satu peserta Data Science Academy, Bachtiar Rizky mengaku jika materi yang disampaikan sangat baik dan sesuai dengan ekspektasinya. Selain ilmu data sains itu sendiri, para tutor juga berbagi cerita dan saran bagi mahasiswa yang nantinya ingin terjun di dunia sains data. “Di Data Science Academy ini, saya banyak mendapatkan pandangan baru yang sebelumnya hanya tahu sekilas saja,” ungkapnya.

ICON sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Information Systems Expo (ISE) 2021 yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh mahasiswa Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Selain Data Science Academy ini, ICON 2021 juga menghadirkan Startup Academy dan Grand Talkshow.(*)

Reporter: ion14

Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait