ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
16 Oktober 2021, 22:10

UPT Bahasa ITS Luncurkan Program Ikoma Scholarship 2021

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Poster program Ikoma Scholarship 2021 yang dapat diikuti oleh mahasiswa ITS

Kampus ITS, ITS News – Dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa asing, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Budaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali meluncurkan program Ikoma Scholarship 2021. Program tersebut merupakan kerja sama antara Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma), Direktorat Kerja Sama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS dengan UPT Bahasa dan Budaya ITS.

Manajer UPT Bahasa dan Budaya ITS, Ratna Rintaningrum SS MEd PhD menjelaskan jika program tersebut tidak dipungut biaya sama sekali. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan peluang yang setara kepada mahasiswa ITS lantaran mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda. “Kelompok yang  belum mencapai syarat lulus tersebut harus diperhatikan dan ditolong,” ujar Alumnus Doktoral di Australia ini.

Ratna menjelaskan jika bantuan yang diberikan Ikoma sebesar Rp 600 juta yang mampu mendanai 800 mahasiswa ITS. “Namun, pendaftar program ini mendekati 1000 mahasiswa,” ungkap perempuan tersebut.

Melalui program ini, UPT Bahasa dan Budaya ITS membantu mahasiswa  untuk meningkatkan kemampuan berbahas inggris bagi mahasiswa ITS yang skor EFL mereka belum mencapai syarat kelulusan. Ratna mengaku tidak rela jika terdapat mahasiswa yang hanya untuk kelulusan menemukan solusi dari universitas lain.

Manajer UPT Bahasa dan Budaya ITS, Ratna Rintaningrum SS MEd PhD yang memberikan keterangan tentang program Ikoma Scholarship 2021

Ratna mengucapkan terima kasih kepada Ikoma yang membantu memberikan fasilitas untuk mendukung pembelajaran. Mulai dari sarana dan prasarana kelas yang meliputi komputer, layar otomatis, dan LCD yang memiliki kualitas lebih baik daripada sebelumnya. “Selain itu, juga ada pertamanan yang digunakan sebagai pembelajaran di luar kelas,” tuturnya.

Dosen mata kuliah bahasa inggris tersebut berharap relasi yang dibangun antara UPT Bahasa dengan Ikoma dapat terus berjalan dengan baik. Hal ini lantaran bantuan yang diberikan dapat memberikan kontribusi yang nyata dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kami yakin dengan bantuan dan dukungan dari ITS, Ikoma, dan pihak lain dan dengan tetap berdoa semuanya akan lancar dan manfaat bagi semua,” pungkasnya.(*)

Reporter: ion9

Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait