ITS News

Selasa, 27 September 2022
12 Oktober 2021, 08:10

ITS Gali Potensi Tersembunyi Mahasiswa Untuk Bangkit dan Sukses Hadapi Tantangan Masa Depan

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Webinar Spektronics 2021 yang diselenggarakan oleh Spektronics ITS

Kampus ITS, ITS News – Menjadi mahasiswa yang sukses pada masa kuliah maupun pasca kuliah merupakan idaman semua mahasiswa. Namun untuk meraih kesuksesan tersebut setiap mahasiswa perlu mengetahui potensi diri mereka sedini mungkin agar dapat diasah dan dikembangkan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Spektronics bertekad menggali potensi tersembunyi mahasiswa melalui webinar Spektronics pada Sabtu (9/10).

Daffa Sadek selaku pembicara mengatakan, di tahun 2021 mahasiswa memiliki tantangan besar yang harus dihadapi. Hal tersebut terbukti karena pengangguran di Indonesia meningkat hingga 8,75 juta orang. Berdasarkan riset McKinsey, di tahun 2030 23 juta pekerja akan digantikan oleh mesin. “ Dengan data tersebut mahasiswa perlu mengasah keterampilannya agar bisa meraih peluang pekerjaan yang mereka impikan di masa depan” ujar pria yang akrab disapa Daffa ini.

Informasi terkait kenaikan jumlah pengangguran yang diungkapkan Daffa dalam pemaparan materi yang dibawakannya

Daffa melanjutkan, untuk mengantisipasi tantangan tersebut, mahasiswa harus mulai menganalisis kekuatan dan kekurangan diri masing – masing. Hal itu berguna untuk bekal dalam mengembangkan potensi diri. “Kunci dari pengembangan diri adalah melakukan eksplorasi” lanjut mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ini.

Daffa menambahkan, dengan eksplorasi diri, mahasiswa akan mengetahui peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup di masa depan. Selain itu, mahasiswa dapat memperkirakan hal baru apa yang harus diciptakan untuk memenuhi kebutuhannya. “Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk merencanakan eksplorasi tersebut,” ungkap pria yang menjadi penerima beasiswa XL future leader.

Adapun cara yang pertama, lanjut Daffa yakni “find your vibe” atau menemukan apa yang disukai oleh masing-masing individu untuk dikembangkan secara maksimal semasa kuliah. Contohnya seperti mengikuti berbagai kompetisi, membangun bisnis, menyediakan layanan jasa, maupun mengembangkan kreativitas. “Hal ini penting karena para mahasiswa akan sukses pada bidang tersebut serta dapat menjadi mata pencaharian,” sambungnya.

Berikutnya, tambah Daffa yang bisa dilakukan adalah peningkatan diri baik secara personal maupun profesional. Mahasiswa perlu memperhatikan pegembangan diri dalam hal softskill dan hardskill. Dengan mengasah skill tersebut, kualitas dan kuantitas pribadi akan meningkat menjadi lebih baik. “Peningkatan diri dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi, kepanitiaan, mengikuti online courses, dan mengikuti magang,” imbuhnya.

Daffa menuturkan, hal penting yang menjadi penunjang dalam pengembangan diri tak lain adalah networking. Membangun jaringan atau hubungan dengan orang lain dapat memperluas koneksi maupun sinergi. Dengan demikian dapat berpengaruh terhadap kesuksesan personal maupun profesional. “Networking selama perkuliahan tentunya dapat menjadi bekal di masa depan,” paparnya.

Daffa Sadek yang merupakan salah satu pemateri dalam webinar spektronics 2021Di akhir, Daffa memotivasi untuk terus mencoba dan tidak takut kegagalan. Ia menuturkan bahwa kegagalan adalah hal yang wajar dan tidak perlu dirisaukan. Karena semua orang pasti punya timeline untuk berada di puncak keberhasilannya. “Gagal bukan masalah besar, namun kegagalan adalah sebuah proses untuk belajar menjadi sukses,” pungkas Daffa menutup sesi pemaparan materinya.(*)

Reporter : Ion 27

Redaktur : Muhammad Ainul Yaqin

Berita Terkait