ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
07 Oktober 2021, 17:10

Sambut Dies Natalis, ITS Bagikan 8000 Dosis Vaksin

Oleh : itswan | | Source : ITS Online

Danang (tengah) bersama rekannya ketika mengkoordinasi proses vaksinasi di Graha Sepuluh Nopember ITS

Kampus ITS, ITS News – Masih dalam rangka peringatan Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-61, ITS menyelenggarakan vaksinasi selama dua hari berturut-turut sejak Rabu, (6/10). Adapun vaksinasi kali ini menyasar masyarakat umum, dari anak-anak berumur 12 tahun hingga lansia. 

Berbeda dengan vaksinasi yang diselenggarakan oleh ITS kali terakhir, vaksinasi kali ini lebih berfokus pada masyarakat secara umum tanpa syarat domisili. Meskipun demikian, civitas akademika ITS tetap bisa mengikuti kegiatan vaksinasi kali ini. “Mengingat dies natalis ini berhubungan dengan kontribusi masyarakat, maka kita selenggarakan vaksinasi untuk mereka,” tutur Koordinator Tim Vaksinasi Dies 61, Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi.

Sejumlah total 8000 dosis vaksin siap dibagikan kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi kali ini. Adapun vaksin yang dibagikan merupakan vaksin berjenis Sinovac. “Kami menyiapkan 4000 dosis di masing-masing hari vaksinasi,” ujar dosen Departemen Kimia itu.

Pada kegiatan vaksinasi kali ini, ITS berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Surabaya serta institusi dan dinas pendidikan untuk menyebarkan informasi seputar vaksinasi yang diselenggarakan di Graha Sepuluh Nopember ITS. “Berkatnya, kami berhasil menjaring sekitar 4800 pendaftar dan lebih dari 2200 orang di antaranya telah divaksinasi,” cetusnya.

Setiap meja diberi sekat plastik untuk meminimalisasi kontak secara langsung dan kursi diberikan jarak satu sama lain

Selain berkolaborasi dengan institusi di atas, ITS juga bekerja sama dengan ITS Medical Center, Puskesmas Menur, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai sumber daya di bidang kesehatan. Beberapa dari mereka ditempatkan di ruang emergency, ruangan vaksinasi, dan ruangan-ruangan lainnya.

Danang mengungkapkan bahwa gelaran vaksinasi kali ini merupakan salah satu gelaran vaksinasi yang cukup besar yang melibatkan banyak pihak. Oleh karenanya, pelaksanaan vaksinasi diperketat dengan protokol kesehatan (prokes) yang memadai, seperti penggunaan masker tanpa boleh dicopot, tempat cuci tangan dan hand sanitizer di berbagai tempat,  tempat duduk dengan jarak yang direnggangkan, hingga sekat plastik di setiap meja administrasi. 

Helatan vaksinasi yang mengundang banyak orang ini membuat Danang berharap bahwa ITS mampu memberikan pelayanan yang terbaik dalam menyehatkan masyarakat di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, bahkan internasional. “Slogan Advancing Humanity yang melekat pada ITS ini semoga bisa tercapai, salah satunya melalui kegiatan vaksinasi ini,” pungkasnya mengakhiri. (*)

Salah satu peserta vaksinasi sedang disuntik vaksin Sinovac di Graha Sepuluh Nopember ITS

 

Reporter : Irwan Fitranto
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait