ITS News

Selasa, 28 September 2021
29 Juli 2021, 07:07

DKV ITS Gelar Pameran Virtual Bertema Nostalgia

Oleh : itssin | | Source : ITS Online

Pameran Virtual Rupafest 2021 dengan tema Nostalgic Future

Kampus ITS, ITS News – Cara baru mengapresiasi sebuah karya harus dilakukan sebagai bentuk adaptasi pandemi Covid-19. Salah satunya melalui pameran virtual yang diadakan oleh Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Memadukan seni dan teknologi, pameran ini menjadi salah satu acara unggulan di ajang Rupafest 2021.

Ketua Pelaksana Rupafest 2021, Fithrathur Rahman Fasya, menyampaikan bahwa pameran virtual ini merupakan salah satu rangkaian acara Rupafest 2021 yang juga menjadi wadah perkenalan Departemen DKV ITS. “Rupafest sendiri sudah menjadi acara tahunan yang diadakan oleh Hima Rupa yaitu Himpunan Mahasiswa DKV ITS,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa acara pameran ini mengambil tema Nostalgic Future. Hal itu bermakna bahwa banyaknya perubahan seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan tren yang ada, manusia akan tetap merasakan ingin bernostalgia. “Kami kaitkan juga tema ini dengan teknologi karena ITS identik dengan teknologinya,” jelasnya.

Lebih dari 70 karya mahasiswa Departemen DKV ITS dipamerkan dalam pameran virtual ini. Adapun semua karya tersebut dipilih melalui Komunitas DKV ITS dan kompetisi Rupafest. Beberapa karya hasil dari tugas mata kuliah juga dipilih seperti mata kuliah Gambar Bentuk dan Desain Komunikasi Visual dari angkatan 2020, mata kuliah Ilustrasi dan Promosi dari angkatan 2019, dan juga mata kuliah Branding dari angkatan 2018.

Pameran yang digelar secara virtual ini menggunakan platform app.lapentor.com. Platform tersebut dipilih karena dianggap memiliki keunggulan dibandingkan platform virtual lain. Selain gratis, platform ini juga mudah untuk dikreasikan dengan konsep tiga dimensi yang menggugah. “Dengan Lapentor kami bisa berkreasi dengan ruang sesuai tema dan kreatifitas kami sebagai mahasiswa DKV,” tambah Fasya, sapaan akrabnya.

Dalam pameran yang berlangsung hingga 4 Agustus 2021 ini, pengunjung dapat menyusuri lobi serta lorong pameran untuk melihat semua karya pilihan buatan mahasiswa Departemen DKV ITS beserta deskripsi karyanya. Para pengunjung juga dapat mencari voucher spesial dari Leeven & Co dengan mengamati setiap sudut ruangan pameran. Akses menuju pameran sendiri dapat dibuka melalui tautan di bio instragram Rupafest.

Gambaran deskripsi karya dan layout peletakan karya di dalam pameran virtual Rupafest 2021

Pameran virtual ini terbukti telah berhasil menarik animo masyarakat dari berbagai kota di Indonesia. Hal ini terlihat dari sebanyak 350 lebih pengunjung yang datang selama lima hari pertama pameran ini digelar. “Ini merupakan hasil kerja keras semua panitia Rupafest 2021 yang sudah mengerjakan pameran ini selama sebulan lebih,” ungkapnya.

Fasya berharap dengan digelarnya pameran virtual ini dapat memberi berbagai manfaat bagi para pengunjung serta dapat tercapainya tujuan utama dari Rupafest 2021 untuk memperkenalkan Departemen DKV ITS kepada khalayak luas. “Dan tentunya sampai akhir acara harapannya Rupafest 2021 sendiri dapat berjalan sukses,” tutupnya.

 

Reporter: Shinta Ulwiya

Redaktur: Septian Chandra Susanto

Berita Terkait