ITS News

Selasa, 28 September 2021
14 Juli 2021, 16:07

Dukung Publikasi Internasional, ITS Luncurkan Academic Writing Center

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pemaparan Virtual English Language Fellow (VELF) ITS yang secara resmi dipekerjakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat (US) dan diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kampus ITS, ITS News Mendukung program pendidikan internasional di ranah publikasi akademik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan program Academic Writing Center (AWC). Berada dalam naungan ITS Global Engagement (GE) dan ITS Language Center, AWC ditargetkan mampu mendukung produktivitas publikasi sivitas academica.

Dalam peluncuran AWC pada Jumat (9/7), Direktur ITS GE, Assoc Prof Maria Anityasari ST ME PhD menjelaskan bahwa program ini dirilis guna menjadi Center of Excellence dalam penulisan akademik. Maknanya, lewat AWC, sivitas academica ITS dapat meningkatkan produktivitas dan kontribusi penelitian ilmiah bagi masyarakat global. 

Pemaparan materi Academic Writing Center (ACW) ITS sebagai center of excellence penulisan artikel ilmiah secara global yang ditujukan untuk mahasiswa pascasarjana ITS.

Di tahun pertamanya, lanjut Maria, AWC ITS akan fokus pada kebutuhan mahasiswa pascasarjana lewat layanan meningkatkan keterampilan menulis akademik. Hal ini ditunjukkan lewat ragam agenda seperti workshop penulisan keilmiahan, konsultasi individu, lokakarya umum, lokakarya dropin, dan masih banyak lagi. 

Tidak sendirian, Maria menjelaskan bahwa AWC ITS telah berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) dalam merekrut pengajar lewat program Virtual English Language Fellow (VELF). Ke depannya, AWC akan merekrut pengajar profesional menjadi bagian dari VELF dan mengumpulkan tutor-tutor berpengalaman lainnya. “Oleh karenanya, proses mengajar di AWC ITS akan menjadi lebih maksimal,” tegas dosen Teknik Industri ITS ini antusias.

Foto bersama tim manajemen ACW ITS dengan dua fellow utama program ACW ITS, Instruktur Virtual English Language Fellow (VELF) ITS Rhett Schools dan Sarah Ford.

Dalam praktiknya nanti, AWC ITS akan menilai tulisan mahasiswa secara berkelanjutan. Maria menambahkan, ia dan timnya akan terus meningkatkan kompetensi tutor lewat pelatihan intensif serta diskusi komprehensif dengan VELF dan manajemen AWC ITS. “Program-program ini kami rancang agar AWC ITS mampu mengakomodasi sivitas academicanya sebagai Center of Excellence dalam penulisan akademik,” pungkasnya bangga. (*)

Reporter: Fauzan Fakhrizal Azmi
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait