ITS News

Senin, 04 Juli 2022
12 Maret 2021, 18:03

myITS Courier, Solusi Efektif Pendistribusian Paket di ITS

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Halaman pertama dari update tampilan baru myITS Courier pada website kini lebih user friendly

Kampus ITS, ITS News – Hingga saat ini, proses pengiriman paket dan dokumen fisik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih terkendala oleh sistem pendataan yang konvensional. Guna meningkatkan efektifitas distribusinya, ITS melakukan digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi myITS Courier yang dapat diakses melalui https://courier.its.ac.id/.

Kepala sub bagian Tata Usaha (TU) dan Kesekretariatan Biro Umum dan Reformasi Birokrasi, Sri Lestari menjelaskan bahwa aplikasi ini lahir dari tingginya kebutuhan layanan pengiriman paket ITS yang belum diimbangi dengan kecepatan distribusi. “Oleh sebab itu, kami berusaha untuk mencari solusi inovatif melalui pembuatan aplikasi myITS Courier,” ungkapnya.

Selain menggandeng Tim Caraka sebagai kurir di ITS, beberapa pihak juga terlibat dalam penggunaan aplikasi myITS Courier. Di antaranya, operator unit, TU dan kesekretariatan, serta pegawai. Bagi operator unit di ITS, aplikasi ini memberikan kemudahan pelayanan yang praktis sebab pemesanan dilakukan secara online. “Yang terpenting, paket yang sedang dikirim maupun akan diterima dapat dilacak keberadaannya,” imbuh Tari, sapaan akrabnya.

Ilustrasi alur distribusi paket dinas ITS (sumber: Sri Lestari)

Lebih lanjut, aplikasi yang dirilis pada Rabu, (24/02) ini akan berfokus pada pengantaran dan penerimaan paket antar pihak internal, serta pihak eksternal-internal. Pihak internal yang dimaksud ialah departemen, sedangkan pihak eksternal seperti dinas pendidikan. “Tentu saja, ke depan akan terus dilakukan pengembangan dari versi yang pertama ini,” lanjut wanita berjilbab itu.

Alur penggunaan aplikasi ini diawalai dengan pihak yang membutuhkan jasa antar kurir menghubungi unit kerja. Setelah itu, Tim Caraka akan datang untuk menjemput paket dan mengirimkannya ke tujuan. Sama halnya dengan paket yang ditujukan ke departemen tertentu di ITS, Tim Caraka juga akan membantu mendistribusikanya ke masing-masing unit. “Status dari barang yang dikirim juga dapat dipantau melalui aplikasi ini,” jelasnya.

Aplikasi berlogokan motor tersebut diharapkan dapat mempermudah pengelola TU dan Kesekretariatan ITS dalam manajemen tim dan pemantauan paket. Untuk Tim Caraka sendiri, myITS Courier menemani pekerjaannya dengan terpasang pada ponsel pintar masing-masing personel. “Pastinya, terdapat berbagai fitur yang mampu mempermudah pekerjaan mereka,” sambung Tari.

Berbagai fitur aplikasi myITS Courier pada ponsel genggamLebih lanjut, fitur yang tersedia berisikan daftar tugas hingga riwayat pekerjaan. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan peta dan pemindai QR Code. Sehingga, melalui fitur [emindai ini pendataan paket akan semakin praktis untuk dilakukan. “Harapannya, petugas tidak perlu lagi memasukan data dan mencatat nomor secara manual,” ujar Tari.

Di akhir, perempuan kelahiran Blitar tersebut mengatakan, akan dilakukan persiapan dan uji coba aplikasi pada bulan Maret. Sehingga, pada tanggal 29 Maret 2021 nanti, myITS Courier dapat diimplementasikan. “Kami harap aplikasi ini juga dapat digunakan secara umum, walaupun untuk eksekusinya masih perlu dipersiapkan lebih lanjut dan bertahap,” pungkasnya.(*)

Reporter: ion26

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait