ITS News

Jumat, 26 April 2024
16 Februari 2020, 09:02

Salurkan Minat Teknologi Informasi Bersama EXPLOIT

Oleh : itsnaj | | Source : -

Para pemateri ketika melakukan sesi talkshow di Explore Talk

Kampus ITS, ITS NewsDewasa ini, perkembangan terhadap komunitas teknologi informasi (TI) dan startup sangatlah pesat. Hal itu tentu berdampak pada minat mahasiswa dalam mengembangkan hal tersebut. Menangkap hal itu, Departemen Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lantas menghadirkan solusi melalui kegiatan Explore Information Technology (EXPLOIT) 2020 pertamanya yang dibuka pada Sabtu (15/2).

M Mikail Dwi Khusnanda selaku Ketua Pelaksana EXPLOIT 2020 mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar nantinya mahasiswa yang tertarik dengan TI bisa mencoba bergabung dengan komunitas yang diminatinya. Acara ini juga berguna sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi mengenai lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. “Salah satu perusahaan tersebut adalah Telkom Indonesia,” ungkapnya.

Serangkaian talkshow yang dikemas dalam sub kegiatan Explore Talk turut meramaikan acara ini. Beberapa pembicara ahli di bidangnya turut hadir mengisi talkshow ini. Sebut saja Reza Zamir sebagai Co-Founder dari SyariHub, Cynthia Cecilia sebagai Founder dan CEO dari Jobhun, serta beberapa pembicara lain dari Telkom Indonesia. Mereka membawakan materi tentang IT Career Path yang membahas antara membangun startup atau bekerja.

M Mikail Dwi Khusnanda selaku Ketua Pelaksana EXPLOIT 2020 ketika memberikan sambutan di pembukaan EXPLOIT

Beberapa sub kegiatan lain juga tersaji dalam serangkaian kegiatan EXPLOIT kali ini, salah satunya yaitu A Renewal Agent (ARA). Dimana ARA merupakan pelatihan oleh mahasiswa Departemen Teknologi Informasi kepada siswa SMA yang diundang khusus untuk belajar mengenai Internet of Thing (IoT). Hal itu tentunya dapat menumbuhkan maupun meningkatkan kemampuan dalam dunia TI.

Mikail mengungkapkan, pada kegiatan ARA ini siswa SMA diajarkan mengenai cara menciptakan suatu alat dengan menggunakan bahan yang sederhana. Terdapat lima alat yang diajarkan diantaranya yaitu, sensor cahaya, sensor gerak, sensor ultrasonik, sensor kelembaban tanah, serta sensor suhu dan kelembaban udara.

Selain itu, terdapat sub kegiatan terakhir yaitu Explore Fair berupa pameran digital startup dan teknologi. kegiatan ini menjadi wadah bagi startup maupun komunitas di bidang teknologi Informasi untuk mengenalkan produk yang telah dibuat maupun teknologi terbaru dari komunitas tersebut. “Ada komunitas yang menjelaskan cara Virtual Reality (VR) bekerja dan mempersilahkan pengunjung untuk mencobanya secara langsung,” terangnya.

Meskipun masih tergolong baru, kegiatan ini mampu menarik banyak minat dari berbagai kalangan seperti siswa SMA, mahasiswa, bahkan masyarakat umum. Expo ini juga berhasil menggandeng salah satu perusahaan besar di bidang teknologi yaitu Telkom Indonesia. Begitu juga dengan berbagai komunitas dan startup yang ada di tanah air. 

Keseruan pengunjung yang nampak ketika mencoba VR di salah satu komunitas di EXPLOIT

Mikail berharap pelaksanaan EXPLOIT yang pertama ini bisa memberikan dampak yang positif sekaligus sebagai batu pijakan agar mahasiswa Departemen Teknologi Informasi bisa lebih berkembang lagi di kegiatan besar ITS lainnya. Lalu, untuk pengunjung yang datang diharapkan bisa mendapatkan apa yang mereka cari. “Terakhir, untuk siswa SMA diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang telah diberikan di kemudian hari,” pungkasnya. (naj/qin)

Berita Terkait