ITS News

Jumat, 26 April 2024
11 Desember 2019, 00:12

Raih Juara Favorit Usai Suarakan Pemanasan Global

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Ramadhani Yusdhaliyanti (kiri,), Shinta Amelia (kanan) usai dinobatkan sebagai juara favorit poster EGSAFAIR 2019

Kampus ITS, ITS News — Pemanasan global menjadi tanggung jawab seluruh manusia. Ikut menyuarakan pemanasan global, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sabet juara favorit lomba poster digital pada ajang Environmental Geography Students Association (EGSA) Fair 2019.

Ialah Ramadhani Yusdhaliyanti dan Shinta Amelia, mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri yang berhasil membawa nama ITS pada kompetisi nasional tersebut. Didorong oleh tema lomba, Linking Global Challenge and Conservation for Sustainable Development, kedua mahasiswa angkatan 2019 itu mengusung ide untuk mengurangi dampak pemanasan global. “Tidak menyangka bisa dapat juara, karena yang lain banyak yang desainnya lebih bagus dan mempunyai ide yang lebih menarik untuk diangkat,” ujar Rahma.

Rahma sadar, pemanasan global seringkali menjadi topik bahasan yang menarik. Namun disayangkan, masih jarang yang dapat mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. “Poster kami menunjukkan empat langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah pemanasan global,” lanjutnya usai mengikuti perlombaan yang digelar oleh Universitas Gadjah Mada ini. 

Poster karya Rahma dan Shinta

Sambungnya, pemanasan global sendiri berdampak pada meningkatnya suhu atmosfer, mencairkan es di kutub, dan berkurangnya luas daratan. Mengacu pada posternya, pemanasan global disebabkan oleh pembakaran dan penebangan hutan secara liar, penggunaan listrik berlebih,  dan deretan gedung berkonsep rumah kaca. “Selain itu, polusi udara akibat kendaraan bermotor dan aktivitas pabrik turut berpengaruh pula,” terangnya. 

Tak boleh diam, manusia sebagai pemimpin bumi harus bertindak. Langkah utama yang dapat dilakukan berupa konservasi lingkungan melalui penanaman pohon, ataupun menerapkan konsep reduce, tersebut, dan recycle. Kemudian, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan bersepeda atau berjalan kaki. “Kita juga harus menghemat listrik dan memberi edukasi ke masyarakat sekitar,” urai mahasiswa asal Jember tersebut. 

Di akhir wawancara, Rahma berpesan  agar mahasiswa dapat menorehkan prestasi di sela banyaknya tugas dan kegiatan kuliah. ” Sebagai anak teknik, kita punya banyak kesempatan untuk berkontribusi merawat bumi,” pungkasnya. (zar/rur)

Berita Terkait