ITS News

Jumat, 26 April 2024
24 Oktober 2019, 18:10

Mengenal KSBL Pecuk, Komunitas yang Siap Jaga Bumi ITS

Oleh : itsojt | | Source : -

Kegiatan pengamatan burung oleh KSBL Pecuk

Kampus ITS, ITS News – Topik perihal lingkungan sedang menjadi perbincangan hangat bagi semua kalangan, begitu juga bagi kelompok maupun komunitas pecinta alam. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai Eco Campus, mendukung beragam aktivitas yang berkaitan dengan perlindungan alam. Salah satunya adalah Kelompok Studi Burung Liar Pecuk (KSBL Pecuk), sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang konservasi lingkungan hidup khususnya burung liar.

Komunitas yang sejak tahun 2006 bernaung di ITS ini kembali mulai membentangkan sayapnya. Berawal dari kepedulian beberapa mahasiswa tentang masalah populasi dan konservasi burung, kini sudah terdapat puluhan mahasiswa lain yang bergabung di dalamnya. “Dulu awal sebelum terbentuk komunitas resmi, kelompok ini hanya sekadar perkumpulan mahasiswa yang memiliki hobi dan concern yang sama,” ujar Alifah Adany, ketua KSBL Pecuk periode ini.

Nama Pecuk sendiri diambil dari spesies burung yang menetap di lingkup sekitar ITS. Alifah menyebutkan bahwa ada cerita tersendiri di balik pemakaian nama burung pecuk tersebut. “Kalau ditilik lagi dari daerah geografis, ITS daerah Sukolilo yang dekat dengan Wonorejo merupakan daerah pesisir, di sana ada banyak burung air yang salah satunya adalah pecuk ini. Masa lalu ITS yang masih berupa rawa-rawa juga membuat burung pecuk sering terlihat disini,” terangnya.

Burung sebagai indikator hidup lingkungan sehat, menjadi fokus utama komunitas ini. Aktivitas yang rutin dilakukan komunitas ini yakni pengamatan populasi burung di sekitar ITS, Wonorejo, Cangar, hingga Wonosalam. Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah populasi yang ada, arah migrasi, hingga analisis lingkungan apabila terdapat anomali pada aktivitas burung. “Misalnya, burung A yang biasanya bermigrasi ke daerah Z kini sudah tidak ada, kami pun juga mencari tahu apa ada yang salah dari tempat Z hingga burung A lebih memilih tempat lain sebagai lokasi migrasinya ” ungkapnya.

Tak jarang juga KSBL Pecuk mengikuti lomba pengamatan burung hingga tingkat nasional, salah satunya Bali Birdwatching dan Lawu Birdwatching Competition 11-13 Oktober silam. Kompetisi ini diadakan di Tahura KGPAA Mangkunegoro I. “Jadi lombanya itu pengamatan burung2 gunung dan sketsa, serta fotografi.” Ujar mahasiswi Departemen Biologi ITS Angkatan 2016 tersebut.

Di umur yang sudah tidak muda lagi, komunitas tersebut telah berkontribusi banyak bagi kampus ITS. Lingkungan ITS yang bersahabat, membuat spesies tumbuhan dan hewan yang ada pun beragam. Keberagaman tersebut dipecahkan oleh KSBL Pecuk melalui identifikasi flora dan fauna ITS.

Berpangkal di Departemen Biologi ITS, Komunitas tersebut mengaku terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Ada dua istilah dalam keanggotaan KSBL Pecuk itu sendiri, yakni Fledgling of Pecuk alias anggota utama dari komunitas ini dan Sahabat Pecuk yakni sebutan bagi orang-orang luar komunitas yang ikut bergabung dengan kegiatan kami.

Para anggota komunitas ini pun terlatih bertahan hidup di setiap kondisi dan cuaca. Hal tersebut dikarenakan sering kali medan yang ditempuh saat pengamatan sulit untuk dicapai dan cuaca yang tidak menentu. Salah satu contohnya, Alifah mengutarakan bahwa sering pada saat musim hujan, medan yang dilalui sangat berlumpur. Namun anggota komunitas ini melaluinya dengan baik bahkan tanpa memakai alas kaki, terpeleset dan terjerembab sudah hal yang lumrah. “Bahkan pernah sampai harus berjalan dengan merayap,” ujarnya pada ITS Online.

Tak hanya melakukan kegiatan di lingkup komunitas, KSBL Pecuk pun sering terjun dalam masyarakat untuk memberi sosialisasi hingga pengabdian masyarakat. “Kami selalu menyuarakan betapa pentingnya mengurangi polusi sampah dan suara. Dua hal itu yang fatal bagi keberadaan spesies burung,” pungkasnya. (ion26/id)

Tim KSBL Pecuk saat berada di Lawu Birdwatching Competition 2019

Berita Terkait