ITS News

Selasa, 22 Oktober 2019
10 Oktober 2019, 00:10

Tingkatkan Budaya Salat Berjamaah Melalui ITS Cinta Subuh

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Jamaah salat Subuh Masjid Manarul Ilmi mengikuti kegiatan ITS Cinta Subuh yang diadakan saat Gerigi ITS 2019

Kampus ITS, ITS News – Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak cukup jika hanya membekali mahasiswanya dengan ilmu pengetahuan. Melalui lembaga dakwah kampus Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS, kegiatan ITS Cinta Subuh rutin digelar setiap Sabtu di Masjid Manarul Ilmi untuk menambah nilai-nilai spiritual pada mahasiswa ITS.

ITS Cinta Subuh merupakan program JMMI ITS untuk mengajak masyarakat sekitar, khususnya civitas academica ITS yang beragama islam untuk menjalankan salat berjamaah di Masjid Manarul Ilmi. “Selain membiasakan salat berjamaah di Masjid Manarul Ilmi, kebangkitan umat islam sendiri berawal dari salat Subuh, ini menjadi latar belakang kami untuk terus menyelenggarakan ITS Cinta Subuh,” ujar Azrul Kiromil, Ketua Badan Syiar JMMI ITS.

Awal mula terbentuknya ITS Cinta Subuh ini, kisah Azrul, terjadi saat kegiatan Gerigi 2015 lalu. Saat itu, kegiatan ITS Cinta Subuh menjadi salah satu rangkaian kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru ITS. Karena dirasa membawa banyak manfaat, lambat laun kegiatan ini mulai diadakan secara rutin oleh JMMI ITS. Salah satu bentuk realisasinya adalah dengan membuka rekrutmen terbuka sukarelawan kegiatan ITS Cinta Subuh agar kegiatan ini dapat berjalan secara rutin.

Sesuai dengan namanya, kegiatan ini diawali dengan salat Subuh berjamaah di Masjid Manarul Ilmi. Kemudian dilanjutkan dengan zikir dan kajian rutin yang telah dijadwalkan oleh JMMI ITS. Tak hanya mendapatkan pengetahuan terhadap agama, jamaah juga dapat menikmati sarapan gratis yang telah disiapkan oleh JMMI ITS seusai kegiatan ini berlangsung.

“Sarapan bersama inilah yang diharapkan menjadi daya tarik,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Fisika itu. Mengingat kegiatan ini rutin diadakan setiap minggunya, JMMI ITS juga terbuka jika masyarakat umum ingin berkontribusi menjadi donatur kegiatan ITS Cinta Subuh.

Azrul menjelaskan, dengan terselenggaranya kegiatan ITS Cinta Subuh ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah jamaah salat Subuh di Masjid Manarul Ilmi. “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini, jumlah jamaah mulai meningkat,” tuturnya.

Kegiatan ITS Cinta Subuh ini juga mendapat dukungan penuh dari pimpinan ITS. Menurut Azrul, kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan mengalami pengembangan, sehingga diharapkan mampu menarik antusiasme masyarakat sekitar khususnya civitas academica ITS. (ion4/id)

Jamaah ITS Cinta Subuh sedang mengantre untuk mengambil sarapan usai mengikuti kajian rutin

Berita Terkait