ITS News

Selasa, 30 April 2024
23 September 2019, 15:09

Tingkatkan Kerja Sama, ITS dan ITK Tanda Tangani MoU

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti SSi MSi PhD (kiri) dan Rektor ITK, Prof Ir Budi Santosa Purwokartiko PhD (kanan) ketika menghadiri MoU di ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Kegiatan tersebut berupaya meningkatkan kerja sama antara kedua institusi di Ruang Rapat Pimpinan, Gedung Rektorat ITS, Senin (23/9).

Dalam kegiatan tersebut, Rektor ITK, Prof Ir Budi Santosa Purwokartiko PhD menjelaskan bahwa kegiatan MoU ini sudah dilaksanakan beberapa kali sebelumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu ditambah dan perlu adanya pembinaan kembali, mengingat ITK merupakan institusi binaan ITS yang dinyatakan dalam Surat Keputusan Menteri.

Menurut Budi, kampus yang resmi berdiri tahun 2014 ini memiliki hubungan yang sangat baik dengan ITS. Baginya, ITS memiliki peran dan pengaruh yang besar bagi ITK. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pemegang jabatan, Tenaga Kependidikan (Tendik), dan Dosen ITK yang berasal dari ITS. “Sebagian besar Dosen ITK 80% dari sini (ITS, red),” ujar Budi.

Guru Besar Departemen Teknik Industri ITS tersebut juga mengatakan, kerja sama lain yang sudah terjalin antara ITS dengan ITK diantaranya adalah kuliah tamu dosen, pertukaran narasumber, penyusunan kurikulum, program mobilisasi dosen, hingga manajemen sistem dan teknologi informasi.

Sementara itu, pembinaan yang telah diberikan ITS kepada ITK berupa bantuan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyuluhan sistem informasi seperti transkrip daring, dan percepatan publikasi.

Setelah adanya MoU ini, Budi berharap akan terjalin kerja sama yang lebih banyak antara ITK dan ITS. “Harapannya, semoga lebih banyak lagi kerja sama, seperti pertukaran mahasiswa, pembinaan mahasiswa, riset, maupun penelitian,” jelas pria kelahiran Jawa Tengah itu.

Tak hanya itu, orang nomor satu di ITK tersebut juga memaparkan harapannya untuk ITS agar terus berupaya meluaskan jaringan mitra dengan perguruan tinggi mancanegara untuk mendukung misinya sebagai World Class University. “Juga semoga dapat meningkatkan kembali jumlah publikasi serta hubungan internasional,” pungkasnya. (ion6/id)

Foto bersama usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITS dan ITK

Berita Terkait