ITS News

Kamis, 02 Mei 2024
23 Juli 2019, 21:07

ISICO 2019 Bahas Peran Sistem Informasi di Era 4.0

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Ketua Pelaksana ISICO 2019, Nur Aini Rakhmawati SKom MScEng PhD (tengah berkerudung) bersama para pembicara dan Wakil Rektor I ITS (dua dari kiri)

Era revolusi industri 4.0 saat ini tidak bisa terlepaskan dengan teknologi informasi yang terus berkembang pesat. Hal ini menjadi dasar Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam mengadakan Information System International Conference (ISICO) 2019 untuk membahas isu tersebut selama tiga hari, sejak Selasa (23/7).

Berlangsung di Hotel Bumi Surabaya, konferensi ini mendatangkan empat pembicara utama yaitu Prof Hyerim Bae PhD dari Pusan National University (PNU) Korea, Prof Robert M Davison dari City University of Hongkong, Prof Rosemann dari Queensland University of Technology (QUT) Australia, dan Prof Torsten Reiners dari Curtin University Malaysia.

Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT saat memberikan sambutan pembukaan ISICO 2019

Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT merasa konferensi ini sangat perlu dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu besar. Para ahli dari luar negeri tersebut akan membagikan bagaimana sebenarnya kondisi perkembangan teknologi yang sudah terjadi di luar Indonesia saat ini yang mungkin masih belum diketahui banyak orang.

Adi juga mengharapkan dari konferensi ini, para peserta yang merupakan mahasiswa magister atau doktoral bisa memperbesar riset mereka. “Sehingga akan banyak terkumpul berbagai ide terbaru pada masa kini untuk perkembangan di masa depan,” ungkap guru besar Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro ITS tersebut.

Prof Robert M Davison yang berasal dari City University of Hongkong berbagi materi

Sementara itu, Ketua Pelaksana ISICO 2019 Nur Aini Rakhmawati SKom MScEng PhD mengaku, peserta dari konferensi ini juga berasal dari berbagai benua. Kegiatan dua tahunan tersebut juga bertujuan untuk membangun komunikasi dari para peneliti dari berbagai negara. “Harapannya juga bisa membuka peluang student exchange dengan mahasiswa asing,” ungkapnya.

Prof Hyerim Bae PhD dari Pusan National University (PNU) Korea ketika menyampaikan materi

Dosen yang biasa disapa Aini tersebut menyebutkan bahasan konferensi ini meliputi bagaimana peran teknologi sistem informasi pada era revolusi industri 4.0 dan era big data yang saat ini sudah mencakup pada berbagai aspek. Selain itu, juga hal mengenai bisnis manajemen juga turut disinggung pada pembahasan tersebut.

Selain berdiskusi, Aini menyebutkan para peserta yang telah mengirimkan karyanya sebelumnya berupa paper juga diberi kesempatan untuk mempresentasikannya. Dari hal tersebut akan memunculkan interaksi untuk berbagi ilmu satu sama lainnya. “Selain itu, dipamerkan pula beberapa karya inovasi mahasiswa ITS yang ditujukan bagi seluruh peserta tersebut,” ujar dosen Departemen Sistem Informasi ini. (sof/HUMAS ITS)

Berita Terkait