ITS News

Senin, 22 Juli 2019
07 Mei 2019, 14:05

Pendapatan Miliaran, PT ITS Tekno Sains Kembalikan Modal

Oleh : itsfat | | Source : https://www.its.ac.id/

Dari kiri ke kanan; Ir I Ketut Gunarta MT, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, Ir Heppy Krisjanto MS, serta Drs Ec Murtriyono MSi, saat penyerahan keuntungan dari PT ITS Tekno Sains kepada ITS dan KPRI sebagai pemilik modal.

Kampus ITS, ITS News – Didirikan tahun 2017 silam, PT ITS Tekno Sains berhasil meraup keuntungan yang cukup besar. Keuntungan tersebut dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT ITS Tekno Sains pada Senin (6/5). Dalam rapat yang bertempat di Gedung Riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini juga diserahkan secara simbolis keuntungan yang berhasil diperoleh ITS Tekno sains kepada pemegang saham.

Menurut Komisaris Utama PT ITS Tekno Sains, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, selama ini PT ITS Tekno Sains telah berhasil meningkatkan pendapatan sekitar 300 persen dari modal awal. Tidak hanya itu, Guru Besar Teknik Lingkungan ITS ini juga mengungkapkan bahwa jumlah proyek yang dimiliki PT ITS Tekno Sains mengalami pertambahan 12 kali lipat sejak awal didirikan.

PT ITS Tekno Sains merupakan perusahaan yang dibangun oleh ITS dalam rangka mendukung program ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dalam prakteknya, PT ITS Tekno Sains menyediakan solusi dan layanan inovatif total dalam teknologi dan manajemen.

Pria yang akrab disapa Joni itu memaparkan, pada mulanya PT ITS Tekno Sains mendapatkan dana modal sebesar 2,5 miliar rupiah. Sebesar 99 persen dari dana yang dikucurkan berasal dari ITS PTN-BH. Saat itu, ITS PTN-BH diwakili oleh Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, Ir Heppy Kristijanto MS, serta Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc. Ketiganya kemudian menjadi jajaran komisaris PT ITS Tekno Sains.

Sedangkan satu persen lainnya berasal dari dana Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) ITS.  Kedua pihak inilah yang merupakan pemegang saham awal PT ITS Tekno Sains. Maka, dalam kesempatan tersebut, PT ITS Tekno Sains mengembalikan keuntungan sebesar 2,5 miliar kepada pemegang saham. Sehingga kedepannya, menurut Joni, PT ITS Tekno Sains sudah dapat memetik hasil yang diperoleh untuk berkontribusi dalam pengembangan ITS sebagai PTN-BH.

Di sisi lain, Rektor ITS yang baru saja meletakan jabatannya April lalu itu memberikan apresiasi yang luar biasa, terutama bagi Direktur Utama PT ITS Tekno Sains, Ir I Ketut Gunarta MT beserta jajaran stafnya atas pencapaian ini. Ia juga menyampaikan harapannya agar ITS Tekno Sains dapat menjadi perusahaan publik di kemudian hari. “Sehingga banyak orang dapat memiliki sahamnya, terutama dosen ITS, karena prospeknya sangat baik,” tuturnya di hari yang bertepatan dengan ulang tahun PT ITS Tekno Sains tersebut. (fat/mir)

Berita Terkait