ITS News

Jumat, 26 April 2024
17 Februari 2019, 23:02

Redformation, Cara BEM FTI ITS Tanamkan Nilai ke Mahasiswa Baru

Oleh : itsmis | | Source : -

Peserta Redformation bersama anak-anak SD setelah dilakukan sosialisasi mengenai pemanasan global

Kampus ITS, ITS News – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses menggelar kegiatan Redformation, Sabtu (16/2). Kegiatan ini berfokus pada penanaman nilai-nilai kepada mahasiswa baru FTI menyoal pengabdian masyarakat sekaligus meningkatkan keakraban antar mahasiswa FTI.

Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sekali dalam satu kepengurusan ini menyasar sekolah-sekolah dasar di Surabaya, khususnya yang dekat dengan kampus ITS. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kejawan Putih 1, SDN Semolowaru 1, SDN Kalisari 2, dan SDN Klampis Ngasem 5.

Dikatakan Muhammad Iqbal Baihaqi, ketua BEM FTI ITS, kegiatan Redformation ini diikuti kurang lebih 700 mahasiswa baru FTI yang terbagi ke dalam 29 sampai 30 kelompok. Setiap kelompok kemudian akan mengunjungi SDN sesuai pembagiannya masing-masing. Nantinya, kelompok tersebut akan memberikan materi terkait urgensitas dan cara-cara pencegahan pemanasan global. “Kami juga membawa pot-pot bunga yang nantinya akan ditanam di SD yang dikunjungi,” jelasnya.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut Iqbal, adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa FTI, khususnya angkatan 2018, dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. “Kegiatan ini juga sebagai tools kaderisasi pengenalan fakultas bagi mahasiswa angkatan 2018,” jelas Iqbal.

Kepada ITS Online, mahasiswa asal Departemen Teknik Industri itu menjelaskan, pada pelaksanaan Redformation kali ini juga diadakan kegiatan malam keakraban (makrab) antara peserta dengan pengurus BEM FTI ITS untuk menanamkan nilai Sense of Belonging (SOB).

Kegiatan tersebut dikatakan Iqbal dilatarbelakangi oleh keresahan akan tingginya kecondongan mahasiswa FTI dengan departemennya masing-masing. Sehingga, dengan adanya program ini diharapkan mahasiswa FTI dapat memiliki hubungan yang dekat dengan mahasiswa lain dalam satu fakultas. “Semoga kegiatan Redformation dapat bertahan dengan berbagai inovasi tiap tahunnya. Sehingga, mahasiswa baru dapat merasakan SOB yang kuat ke fakultasnya,” harapnya.

Kegiatan Redformation diakui berlangsung sukses dengan penuh antusiasme baik dari para peserta maupun anak-anak SD. Salah satu peserta, Sofyan Abidin dari Departemen Teknik Material menyatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat lagi berkesan. “Kegiatannya bermanfaat sekali, anak-anak SD banyak yang aktif menjawab saat pemberian materi,” tuturnya. (vi/owi)

Peserta Redformation yang merupakan mahasiswa FTI ITS melakukan aktivitas tanam-menanam bersama anak-anak SDN di Surabaya

Berita Terkait