ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
11 Februari 2019, 16:02

Tiga Hal Penting Agar Siap Hadapi Dunia Pasca Kampus

Oleh : itsmis | | Source : -

Pembekalan calon wisudawan 119 Departemen Teknik Kimia ITS di Aula Odjoe Djoeriaman

Kampus ITS, ITS News – Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar pembekalan bagi calon wisudawan yang akan diwisuda pada Maret mendatang. Pembekalan ini diberikan secara langsung oleh alumnus Teknik Kimia ITS, Dr Ir Gatot Kustyadji SE MSi. Terdapat tiga hal penting agar calon wisudawan siap menghadapi dunia pasca kampus.

Sesi pembekalan dimulai dengan sebuah pertanyaan sederhana yang menarik perhatian calon wisudawan. “Apa yang ingin kalian lakukan?,” tanya Gatot, sapaan akrab pria yang mengawali karier sebagai pegawai divisi penelitian dan pengembangan PT Semen Padang ini kepada calon wisudawan.

Dari pengalaman yang didapat Gatot, setelah beberapa kali menjabat direksi di perusahaan tempatnya bekerja, ada tiga hal penting dalam dunia kerja yang harus diperhatikan. Hal pertama adalah kemampuan berkomunikasi. Hal tersebut dinilai penting di samping intelegensi yang harus dimiliki dan diaplikasikan dengan baik di dunia kerja. “Kemampuan komunikasi menjadi modal dasar untuk dapat membangun hubungan sosial di tempat kerja,” tuturnya.

Penyerahan cinderamata dari Departemen Teknik Kimia ITS untuk Dr Ir Gatot Kustyadji SE MSi oleh Kepala Departemen Teknik Kimia ITS

Hal kedua, lanjut Gatot, adalah menyoal kerja sama tim. Sebab ia meyakini, di dunia luar nanti, calon wisudawan akan dipertemukan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, kemampuan membentuk tim yang baik menjadi hal yang harus dimiliki calon wisudawan. “Dan hal terakhir adalah kepemimpinan, yakni bagaimana memimpin yang baik dan menghasilkan kontribusi lebih, khususnya di dunia kerja nanti,” ujarnya.

Selain tiga hal di atas, dikatakan Gatot, banyaknya hal yang ingin diwujudkan calon wisudawan ketika sudah lulus menjadikan penataan prioritas begitu penting. Baik itu keinginan untuk bekerja, melanjutkan studi, maupun keinginan menikah serta berkeluarga. “Sehingga penting untuk membuat rencana yang matang, misalnya membuat peta hidup, daftar aktivitas, dan target yang ingin dicapai,” ucapnya.

Alumnus yang pernah menjabat sebagai direktur Engineering & Proyek PT Semen Indonesia ini juga berpesan untuk selalu berserah diri ketika usaha untuk mencapai keinginan sudah maksimal dan ketahanan dimiliki sudah sampai pada batasnya. “Bersandarlah pada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan berdoa dan beribadah, karena sesungguhnya hakikatnya segala usaha kita hanya untuk mencapai ridho-Nya,” pungkas Gatot. (yus/owi)

Suasana pembekalan calon wisudawan 119 Departemen Teknik Kimia ITS di Aula Odjoe Djoeriaman

Berita Terkait