ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
22 November 2018, 22:11

Olimpiade, Inovasi Baru pada Main Competition MAGE 4

Oleh : itsmis | | Source : -

Pembukaan Main Competition MAGE 4 di Fakultas Teknologi Elektro ITS yang diikuti puluhan siswa-siswa Sekolah Menengah Atas

Kampus ITS, ITS News – Diselenggarakannya main competition pada Multimedia and Game Event 4 (MAGE 4) menandakan telah berakhirnya serangkaian kegiatan yang telah diadakan sejak Oktober lalu. Pada pelaksanaan kali keempat ini, main competition pada MAGE 4 memiliki cabang lomba baru, yakni olimpiade yang digelar di Fakultas Teknologi Elektro (FTE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi dan kreativitas dalam bidang teknologi ini memiliki empat cabang lomba pada main competition. Lomba tersebut antara lain Application, Games, Internet of Things (IoT), dan yang terbaru Olimpiade. “Dulu main competition hanya memiliki tiga cabang lomba, kali ini ditambah dengan olimpiade,” aku Gagat Satya Adiatmaja, ketua panitia.

Gagat menambahkan, salah satu tujuan diadakannya olimpiade pada MAGE 4 ialah branding Departemen Teknik Komputer. “Berhubung termasuk departemen baru, dengan adanya olimpiade ini siswa-siswi SMA dapat mengetahui kalau di ITS ada Departemen Teknik Komputer,” tutur mahasiswa angkatan 2016 itu.

Olimpiade yang hanya ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat ini memiliki tiga babak seleksi dalam penyelenggaraannya. Babak penyisihan berisi pengerjaan soal secara offline, babak semifinal pengerjaan soal di beberapa pos yang disajikan dalam bentuk rally, dan babak final yang memiliki mekanisme seleksi seperti babak semifinal namun ditambah dengan live coding. “Soal-soalnya tentang basic coding, logika, dan fisika,” tambahnya.

Pada babak final olimpiade ini terdapat lima tim finalis dengan tiga kejuaraan. Juara pertama diperoleh tim dari SMA Negeri 2 Nganjuk, juara kedua dari SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan juara ketiga dari SMA Negeri 1 Gresik. “Ketiga juara tersebut berhak menerima hadiah sejumlah uang dan khusus untuk juara pertama ditambah free pass (tanpa seleksi, red) masuk Departemen Teknik Komputer ITS,” jelasnya.

Diakui beberapa peserta lomba, penyelenggaraan kompetisi baru ini digarap maksimal oleh panitia. Hal ini tampak dari pengakuan salah satu pemenang dari SMA Negeri 3 Sidoarjo, Steven Nathan Kusuma usai babak final. “Soalnya out of the box, storyline keren, dan soalnya tidak kepikiran,” ujarnya sambil tertawa. (vi/owi)

Salah satu siswa SMA peserta Olimpiade Mage 4 saat sedang mengerjakan soal di Gazebo FTE ITS

Berita Terkait