ITS News

Jumat, 26 April 2024
24 Oktober 2018, 16:10

Tunjang Riset dengan Kemampuan Analisis Stastistik

Oleh : itsmis | | Source : -

Suasana Two Days Workshop Departemen Teknik Lingkungan ITS

Kampus ITS, ITS News – Kemampuan mengolah dan menganalisis data merupakan hal yang wajib dikuasai untuk menunjang sebuah penelitian. Mendatangkan pemateri dari University of Baghdad, hal ini dibahas secara rinci pada Two-Days Workshop yang dihelat oleh Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selama dua hari hingga Rabu (17/10).

Kegiatan yang diketuai oleh Harmin Sulistyaning Titah Ph D ini mencakup pengenalan dan penggunaan terhadap program analisis data yaitu SSPS (Statistical Packages for the Social Science) dalam mengolah Analysis of Variance (ANOVA). ANOVA merupakan suatu tes yang digunakan untuk mengetahui hasil eksperimen secara signifikan, menggunakan perbandingan rata-rata dari dua atau lebih suatu kelompok data. Adapun SPSS adalah salah satu software yang digunakan untuk memempermudah pengaplikasian ANOVA.

Pemateri dalam workshop ini, Prof Dr Israa Al-Baldawi menjelaskan bahwa penggunaan SSPS untuk menganalisis data penelitian perlu dipahami secara mendalam, sebab manfaatnya sangat besar. “Peserta diharapkan dapat menggunakan SSPS untuk menentukan signifikansi hasil penelitian, misalnya untuk meninjau hubungan antara dua atau lebih variabel dalam data,” papar Dosen Biochemical Engineering University of Baghdad ini.

Pria yang akrab disapa Israa ini menambahkan, terdapat empat poin yang perlu diperhatikan dalam menganalisis data, diantaranya Compare Means, General Linear Model (GLM), Corelate, dan Syntax. “Ketika suatu percobaan dilakukan, akan ada parameter untuk variabel dan data yang diukur. Empat poin yang saya sebutkan itulah metode pengukurannya,” tandasnya.

Adapun peserta dalam workshop ini terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus, diantaranya adalah ITS, Univesitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Jember. (ion24/qi)

Penyampaian kenang kenangan kepada pemateri workshop

Berita Terkait