ITS News

Kamis, 07 Juli 2022
20 Agustus 2018, 03:08

Kini ITS Ada dalam Genggaman dengan Aplikasi myITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Tampilan aplikasi My ITS yang bisa diunduh di Playstore

Kampus ITS, ITS News – Berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan aplikasi myITS, Jumat (17/8). Aplikasi ini merangkum kebutuhan informasi dan fasilitas untuk civitas academica ITS dalam satu genggaman tangan. Dengan adanya aplikasi myITS, kini akses ke ITS menjadi lebih cepat dan mudah.

Aplikasi my ITS menyediakan pelayanan untuk berbagai aktivitas akademik maupun non akademik. Misalnya perencanaan studi (FRS), pengecekan jadwal kuliah dan kurikulum, pengisian kuesioner, serta informasi beasiswa.

Aplikasi ini nantinya tidak akan menguntungkan mahasiswa saja. Dosen dan tenaga kependidikan (tendik), orang tua atau wali mahasiswa, serta alumni ITS juga akan diuntungkan. Misalnya menu myITS Dosen yang dapat membantu perwalian dosen dengan mahasiswanya serta membantu proses pemantauan mahasiswa.

Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS, Rizky Januar Akbar SKom MEng mengungkapkan menu myITS untuk tendik, orangtua/wali dan alumni masih dalam tahap pengembangan. ”Nantinya fitur tersebut akan dirilis setelah myITS Mahasiswa dan myITS Dosen,” jelasnya.

Menyambut diluncurkannya myITS dengan beragam kebermanfaatannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi dan Sistem Informasi ITS, Prof Ir Arif Djunaidy MSc PhD yang juga merupakan pencetus aplikasi ini berharap myITS dapat mewujudkan target ITS in One Hand yang memudahkan akses ke ITS. Ia juga menjelaskan tugas pengembangan myITS ini diemban bersama dengan DPTSI, Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (DSDMO) ITS, dan juga Biro Umum ITS.

Pasca peluncurannya , myITS diharapkan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika ITS. Untuk itu, publikasi dan sosialisasi terus dilakukan ke civitas academica ITS. Misalnya sosialisasi langsung terhadap mahasiswa baru di kegiatan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 2018, promosi di media cetak dan media sosial.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi dengan menggaet mahasiswa Departemen Teknik Fisika ITS yang juga merupakan 1st Runner Up Miss Global Indonesia 2018, Tita Oxa Anggrea,” ungkap dosen Departemen Sistem Informasi ITS ini.

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Prasarana Sarana ITS, Ir Heppy Kristijanto MS bersama 1st Runner Up Miss Global Indonesia 2018 Tita Oxa Anggrea meresmikan aplikasi myITS

MyITS Juga Dilengkapi Fitur Panic Button
Dalam aplikasi ini, ada juga fitur spesial yang tak kalah bermanfaatnya, yaitu panic button. Program dari DSDMO ini merupakan salah satu fasilitas keselamatan untuk mempercepat proses tanggap darurat di lingkungan ITS. “Karena di ITS belum ada akses cepat untuk menyampaikan kondisi darurat bahaya, maka dibuatlah fitur panic button ini agar dapat terhubung langsung dengan posko Satuan Keamanan Kampus (SKK) ITS,” ucap Kasubdit Organisasi dan Keselamatan dan Kesehatan Keja (K3), Arief Rahman ST MSc. (yok/gol)

Bebeapa fitur yang tersedia di aplikasi my ITS.

Berita Terkait