ITS News

Jumat, 26 April 2024
15 Mei 2018, 12:05

ITS Gelar Doa Bersama dan Aksi Kebersamaan untuk NKRI

Oleh : itsmis | | Source : -

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana, MScES PhD memimpin orasi dan ikrar ITS dalam aksi kebersamaan di Taman Alumni ITS.

Kampus ITS, ITS News – Dengan membawa slogan Bersama, Bergandengan Tangan Lawan Terorisme, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar acara bertajuk Merajut Kebersamaan ITS untuk NKRI di Taman Alumni Kampus ITS, Selasa (15/5) sore. Hal ini diadakan sebagai wujud kepedulian segenap sivitas akademika ITS terhadap kasus teror yang terjadi di Surabaya beberapa hari terakhir ini.

Dengan mengenakan pakaian atasan putih dan bawahan hitam, acara ini dihadiri oleh ratusan dosen, karyawan, mahasiswa ITS hingga mahasiswa asing yang ada di ITS. Dipandu oleh Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Darmaji SSi MT, acara berlangsung khidmat.

Untuk mengobarkan semangat kepahlawanan dan meningkatkan rasa nasionalisme, acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne ITS. “Letakkan bendera merah putih di dada kita, tumbuhkan rasa nasionalisme kita,” tutur Darmaji sembari meletakan bendera merah putih di dadanya.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD menyatakan, acara yang memersatukan komunitas akademik ITS ini utamanya untuk membangun citra dan kepercayaan bahwa ITS ini aman. Pasalnya, sejak Surabaya mendapat teror bom, ITS telah mendapat pertanyaan terkait keamanan mahasiswanya.

“Kami telah menerima ratusan telepon dari orang tua mahasiswa dan juga surat dari mitra-mitra ITS di luar negeri, ada Jerman, Belanda, Tiongkok, Jepang dan lain-lain. Mereka minta jaminan anak-anak mereka selamat. Kami menggalang solidaritas agar bersama-sama menjaga keamanan kita,” ujar Guru Besar Teknik Lingkungan itu.

Rektor ITS berorasi di hadapan komunitas akademik ITS di Taman Alumni.

Selain itu, tambahnya, dalam kegiatan ini ITS juga berharap dapat menyatukan solidaritas di antara komunitas akademik dengan seluruh lapisan masyarakat. “Dalam hal ini, kami warga ITS peduli dengan adanya musibah yang menimpa Surabaya, utamanya korban dari aksi teror. Kami turut berduka dan mendoakan yang terbaik,” ucapnya.

Dalam orasinya pun, Joni mengatakan bahwa ITS menyatakan sikap tegas dalam menentang aksi terorisme.“ITS menentang aksi terorisme di manapun keberadaannya, khususnya yang telah terjadi di kota tercinta kita, Surabaya,” tandasnya.

Setelah melakukan orasi, Joni pun memimpin ikrar ITS melawan terorisme yang diikuti oleh para sivitas yang hadir. Dilanjut dengan kegiatan berdoa bersama yang dipimpin oleh Ketua Tim Kerohanian maupun perwakilan dari agama Islam, Budha, Hindu, Kristen Protestan, dan Katholik. Masing-masing memimpin doa untuk kebaikan NKRI dan korban aksi teror sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, dan diamini ratusan semua yang hadir.

Guna merajut kebersamaan ITS dalam dasar negara Indonesia, Pancasila, acara ini diakhiri dengan menyanyikan  lagu Tanah Airku, Padamu Negeri dan Kebyar-Kebyar yang dipimpin oleh Dr Bambang Sumardiono, dosen Arsitektur yang merupakan pembina Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS. (mir/Humas ITS)

Para mantan rektor dan wakil rektor ITS turut berorasi.

Berita Terkait