ITS News

Jumat, 26 April 2024
05 Mei 2018, 03:05

Berikan Harapan Baru, ITS Terima Mahasiswa 3T

Oleh : itsmis | | Source : -

Prof Ir Heru Setyawan MEng, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS.

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki beberapa jalur masuk, di antaranya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Sejak sepuluh tahun terakhir, ITS bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk khusus menerima mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal melalui beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik).

Prof Dr Ir Heru Setyawan MEng, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS mengatakan beasiswa ADik dikhususkan bagi anak Papua, Papua Barat, dan daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Adapun cakupan daerah yang diberi beasiswa mengikuti data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Tak ayal program ini sekaligus menjadi upaya mewujudkan keinginan pemerintah dalam hal penyamarataan pendidikan. “Selain itu program ini juga membantu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Heru.

Calon mahasiswa peserta ADik ITS juga harus mengikuti serangkaian seleksi layaknya peserta jalur masuk perguruan tinggi pada umumnya. Bidang yang diuji pun tetap sama, yakni Fisika, Matematika, Biologi, dan Bahasa Inggris. “Hanya saja bobot kesulitannya kita turunkan sedikit. Karena bagaimanapun kondisi mereka tidak bisa disamakan dengan peserta yang tinggal di daerah maju dan berkembang,” ungkap pria berkacamata tersebut.

Demi menghindari culture shock, setelah dinyatakan lulus para mahasiswa tersebut akan diberikan pembinaan atau matrikulasi agar terbiasa dengan cara belajar dan metode pengajaran di daerah maju. Tapi khusus untuk mahasiswa dari Papua dan Papua Barat biasanya sejak SMP sudah dipilih putra terbaik untuk bersekolah di Jawa. Selama masa perkuliahan di ITS, para peserta beasiswa juga akan dipantau perkembangannya melalui bimbingan belajar oleh kakak kelas di bawah arahan Direktorat Akademik.

“Dulunya martikulasi dilakukan satu bulan sebelum masa perkuliahan. Namun saat ini sejak tahun 2016 sudah dilakukan secara nasional oleh Kemenristekdikti,” ungkapnya.

Seleksi beasiswa untuk daerah 3T ini akan dilakukan setelah SBMPTN dengan kuota 26 sampai 30 mahasiswa setiap tahunnya. Besar harapan, dengan diberikan fasilitas ini dapat memberikan harapan baru bagi daerah-daerah tertinggal. “Dulu ada mahasiswa dari Papua alumni Teknik Kimia setelah berhasil lulus, ia menjadi guru di daerah asalnya. Semoga program ini dapat terus berjalan,” pungkas Heru. (ifa/mik)

Berita Terkait