ITS Media Center

Kamis, 24 Mei 2018
08 Februari 2018, 07:02:09

Konsep IoT, Peluang Penggunaan Internet Masa Kini

Oleh : gol | Source : -

Ir Herry Abdul Aziz memberikan materi Internet of Things

Engineering Physic Week (EPW) yang merupakan kegiatan akbar tahunan dari Departemen Teknik Fisika ITS mengadakan talkshow yang bertajuk Internet Of Things dalam bahasan Teknologi Jaman Now, Minggu (4/2). Mengundang Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika, Ir Herry Abdul Aziz, talkshow ini mengulas penggunaan internet saat ini.

Internet merupakan hal yang sangat lazim dan biasa saat ini, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan akses internet di Indonesia, khususnya Jakarta dan Bandung, melebihi China yang jumlah penduduknya terbanyak nomor satu di dunia. Namun sayangnya, internet lebih cenderung digunakan untuk sekadar sosial media, padahal internet bisa menjadi peluang tersendiri di ekonomi global saat ini.

Konsep Internet of Things (IoT) ialah konsep di mana konektivitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Konsep ini mulai berkembang di kalangan masyarakat menjadi media start up untuk memulai suatu bisnis modern baru.

“Bapak Presiden juga sudah menekankan infrastruktur internet untuk negara kita,” ujar Herry Abdul Aziz saat memaparkan materinya. Tak hanya itu, lanjutnya, internet menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Menurut Herry, komponen IoT sendiri terdiri dari alat, koneksi, data dan analisis. Lewat konsep IoT ini kita bisa memulai era baru dari pemakaian internet. Jadi enterpreneur bisa menjadi salah satu solusi kegundahan pemuda yang saat ini masih bingung untuk berbisnis.

“Lebih baik menjadi seseorang yang memecahkan masalah dan menciptakan hal yang baru dibanding mengikuti hal yang terlalu sering ditemukan,” tutur Norman Sasono , Co Founder & CTO Bizzy.co.id yang  turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam era revolusi industri keempat yang mengintegrasikan dunia online dengan produk industri, jelas Norman, menjadikan konsep IoT ini pun sangat dibutuhkan untuk menjadi penunjangnya. Sebagai pemuda masa kini akan lebih baik mengoptimalkan hal yang ada, salah satunya yakni Internet of Things. (li/jel)

Berita Terkait