ITS News

Jumat, 26 April 2024
19 November 2017, 11:11

Fesban ITS, Selangkah Menuju Nasional

Oleh : gol | | Source : -

UKM Cinta Rebana (CR) ITS menyelenggarakan Festival Banjari (Fesban) ITS 2017 dalam rangka memperingati Dies Natalis ITS ke-57. Festival yang diselenggarakan di Departemen Matematika ITS ini digadang menjadi langkah awal untuk mewujudkan gagasan perlombaan banjari tingkat nasional, Sabtu (18/11).

Hal tersebut ditegaskan oleh Drs Wahyudin MEI, Pembina UKM CR ini menuturkan gelaran Fesban ini selain sebagai bentuk dalam memeriahkan Dies Natalies ITS, juga sebagai upaya mengawali gagasan Fesban di tingkat Nasional.

Ia bercerita, beberapa upaya  telah dilakukan oleh ITS untuk mewujudkan gagasan tersebut semenjak usainya Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran  (MTQ) Mahasiswa Nasional ke-15 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

Hal tersebut diawali oleh Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Darmaji SSi MT setelah berdiskusi dengan para Wakil Rektor dan beberapa dosen ITS untuk bertukar info mengusulkan ke Dikti. “Diskusi tersebut agar diadakan fesban tingkat nasional sebagai salah satu agenda Direktorat Kemahasiwaan,” ungkap Wahyudin.

Selain itu, Ahmad Fahmi Rofiqi, ketua UKM CR mengungkapkan bahwa FESBAN tahun ini memiliki sedikit sentuhan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Bersamaan dengan Festival ini, UKM Cinta Rebana juga mengadakan seminar kebudayaan yang menghadirkan UKM Rebana Modern Universitas Negeri Semarang. Di mana  salah satu tujuannya yaitu untuk menggandeng kampus-kampus yang memiliki Unit Kegiatan Rebana untuk diajak berdiskusi mengenai rencana festival banjari nasional.

“Kita berharap kampus-kampus itu berhimpun dan bisa menjadi dorongan agar DIKTI menyelenggarakan festival banjari nasional seperti halnya MTQ Mahasiswa Nasional dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional,” harap Rofiqi. (AP01/van)

Berita Terkait