ITS News

Rabu, 21 April 2021
02 Mei 2011, 10:05

Wujudkan Eco Campus, ITS Sediakan Jalur Sepeda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara launching ini dimulai dengan bersepeda keliling kampus dengan dihadiri komunitas sepeda kampus, seperti SPITS, Onthel FTK, Teknik Mesin, Bike 2 Work, dan sebagainya. Kemudian, Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharani, MT memberikan sambutan. Di dalam sambutannya, Risma sangat mendukung program pencangan Eco Campus. "Keberadaan ITS tentu diharapkan bisa membantu pembangunan di Kota Surabaya, termasuk lingkungan," ungkap alumni ITS ini.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Rektor ITS, Prof Tri Yogi Yuwono, DEA untuk mewujudkan program adalah dengan membangun jalur sepeda pancal (Bike Lane). Jalur ini dapat terlihat dengan garis kuning putus-putus di sepanjang jalan ITS. Ketika ditanya tingkat kepentingan Bike Lane tersebut, Tri Yogi menjawab hal itu sangat diperlukan. "Itu menunjukkan semangat ITS untuk mewujudkan Eco Campus," ungkap pria asal Tulungagung ini.

Bike Lane ini merupakan upaya ITS untuk mengkampanyekan program Bike To Campus (BTC). Dengan Program BTC, setiap hari Jumat rencananya akan dikampanyekan program lainnya, Car Free Hours. Dengan Car Free Hours, warga kampus diharapkan menggunakan sepeda atau jalan kaki.

Dengan program-program tersebut, Tri Yogi berharap agar program yang digalakkan tersebut bisa mendukung Pemkot Surabaya. Kemudian, dosen Jurusan Teknik Mesin tersebut menjelaskan pentingnya bersepeda. Manfaat dari bersepeda menurutnya adalah olahraga, bebas polusi, hemat energi, serta kesahajaan dan kebersamaan.

Dengan adanya Bike Lane ini, ITS menjadi kampus pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas ini. Di akhir acara, peserta yang ikut serta berkeliling kampus dengan sepeda bersama-sama sarapan pagi di halaman rumah dinas rektor. (nir/nrf)

Berita Terkait