ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
19 Agustus 2009, 19:08

Beri Semangat, Targetkan Seribu PKM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Gedung Rektorat, semangat untuk memenuhi target seribu PKM dan lima ratus PKM GT terlihat dalam Goes To PKM kali ini. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu (19/7). Hal ini semakin diketahui ketika Achmad Ferdiansyah, Menteri Ristek BEM ITS, menutup acara tersebut. Kala itu ia memberi semangat pada para peserta agar mewujudkan target ITS berupa seribu PKM. “Jangan sampai kalah sama universitas lain yang mengirimkan ribuan PKM,” ungkap Ferdi.

Departemen Ristek BEM pun mencari terobosan baru agar semua jurusan berpartisipasi dalam PKM. Salah satunya adalah dengan menggelar Goes to PKM tiap fakultas.  Hal ini untuk mengantisipasi luapan peserta seperti tahun kemarin. Selain itu, pembicaranya pun berasal dari fakultas yang bersangkutan. Hal ini dimaksudkan agar ide penulisan PKM lebih terarah sesuai dengan bidang studi peserta.

Goes to PKM yang pertama digelar oleh FTSP dan FTIF. Acara ini menghadirkan Ir Mas Agus Mardyanto ME Phd sebagai pembicara pengenalan jenis PKM. Sedang untuk materi penggalian ide disampaikan oleh Drs M Zainul Asrori Msi. Untuk materi menulis proposal disampaikan oleh Ahmad Saikhu. Setelah FTSP, acara ini digelar untuk FMIPA. Sedang FTI digelar Jumat (21/8) pagi. Untuk FTK acara ini akan digelar setelah Goes to PKM FTI yaitu pukul 13.00.

Setelah Goes to PKM, BEM juga akan mengadakan Musyawarah Latihan (Muslat). Selain itu, BEM juga mengadakan road show ke HMJ untuk menghimbau tiap jurusan mengikuti PKM. Sedang pengumpulan PKM se-ITS serentak pada Kamis (1/10).

Sementara itu, masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) pun turut dilibatkan. Hal ini terlihat dari Forum Ilmiah yang dihadiri Ketua Departemen Ristek HMJ sebelumnya. Dalam forum tersebut, para Kadep memberikan pernyataan menyanggupi jumlah PKM jurusannya. Kadep dari Teknik Kimia misalnya, menyanggupi 150 PKM dari jurusannya. Begitu pula Kadep dari Teknik Elektro yang menyanggupi sembilan puluh PKM. (nrf/ap)

Berita Terkait