ITS News

Jumat, 03 Mei 2024
17 Mei 2009, 12:05

PENS Juara 1, GheN_LabE Tabuh Beduk Kedua

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk memperebutkan gelar juara 3, RENGGANIS dari Universitas Negeri Surabaya mengadu kemampuan robotnya dengan GheN_LabE dari Universitas Bhayangkara Surabaya. Dari start poin hingga cek poin 2, kedua tim melaju hampir bersamaan. Bahkan hingga tikungan menuju cek poin 3, mereka berjalan beriringan seperti pantulan cermin. Pemandangan ini terjadi hingga cek poin 3. Di titik tersebut, GheN_LabE lebih dulu menurunkan robot travelernya dan langsung menabuh beduk.

Sayangnya robot traveler tidak menabuh beduk dengan sempurna. Pemukul beduk ketiganya kurang menjangkau beduk. Namun demikian, GheN_LabE dinyatakan sebagai pemenang dan menjadi Juara 3 Kontes Robot Indonesia Regional IV tahun 2009.

Setelah pertandingan RENGGANIS dan GheN_LabE usai, tibalah pertandingan yang paling ditunggu, BOLOKULOWO melawan D4=S1. Dua tim yang memiliki kekuatan hampir sama ini tidak mengalami hambatan hinga cek poin 1. Saat hendak melewati tanjakan, BOLOKULOWO mengajukan retry yang akhirnya menghambat jalannya menuju cek poin 2. Sementara itu D4=S1 berjalan dengan lancar. Ketika D4=S1 meraih cek poin 3, BOLOKULOWO baru saja lepas dari cek poin 2.

Ketika waktu tepat tersisa dua menit tujuh detik, robot traveler berhasil menabuh beduk ketiganya dan para penonton pun bersorak sorai menyambut kemenangan PENS. Setelah timnya dinyatakan menang, seluruh tim peserta D4=S1 spontan bersujud syukur di atas lapangan KRI. Mereka kemudian keluar dari lapangan disambut peluk selamat dari rekan-rekannya.

Dengan dimenangkannya tim PENS  terhadap tim ITS, D4=S1 telah membuktikan makna dari namanya.

"Selama ini kemampuan D4 sering diragukan dan dianggap tidak lebih baik dibanding S1. Karena itulah tim ini diberi nama D4=S1, untuk membuktikan bahwa anggapan tersebut salah," papar pembimbing D4=S1, Fernando Adila pada suatu kesempatan. (taw)

Berita Terkait