ITS News

Rabu, 29 Mei 2024
01 Februari 2009, 12:02

Sepeda Lipat Multifungsi Ala Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk merubah bentuk dan ukuran sepeda yang diberi nama ‘AlLOne’ hanya diperlukan waktu sekitar 3 menit. Peralatan yang digunakan pun cukup menggunakan satu kunci L. Sepeda tersebut bisa mengangkut beban seberat 150 kilogram, dan bisa dipakai oleh segala usia.

"Sepeda ini nyaman, ekonomis, ringan dan bisa dilipat secara sempurna," kata Made Londen Batan, Guru Besar Teknik Mesin ITS kepada detiksurabaya.com saat ditemui di sela-sela penyerahan sepeda untuk sekolah di Gedung Rektorat ITS, Kampus Sukolilo, Surabaya, Minggu (1/2/2009).

Sepeda buatan mahasiswa ITS ini beratnya 6 kilogram. ubuat menggunakan bahan alumunium dan titanium. Sayangnya, bahan pembuatan sepeda ini masih di import dari luar negeri.

Rencananya sepeda yang diriset sejak tahun 2005 ini akan dibuat secara massal pada tahun 2010. Saat ini Teknik Mesin sedang getol-getolnya melakukan riset atau perbaikan terhadap sepeda multifungsi tersebut.

Namun, sebelum dibuat secara massal kata pria asal Pulau Dewata ini akan dipatenkan baik nama, desain dan produk. "Estimasi kita satu unit dijual seharga Rp 3-6 Juta," ungkapnya.

Maden yang menjabat Koordinator Program Studi S-2 Teknik Mesin ITS ini menambahkan, sepeda tersebut berawal dari riset mahasiswa Teknik Mesin bernama Ali Safrani yang menjuarai kompetisi desain sepeda sebuah perusahaan pembuatan sepeda tahun 2005 lalu. ITS kemudian merealisasikan ide tersebut dan kemudian riset pun dimulai.

"Sudah habis hampir Rp 400 juta untuk riset tersebut," tuturnya.(bdh/bdh)

Berita Terkait