ITS News

Jumat, 03 Mei 2024
13 Desember 2008, 06:12

BEM FTK Gelar Seminar Entrepreneur

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar Entrepreneur FTK 2008 kali ini mengambil tema Be the Young Entrepreneur. Ketiga pembicara yang dihadirkan adalah Syafii Tamam, Konsultan Bisnis Sentrama Promo Konsulindo, Iskandar Zulkarnain dari KADIN Jawa Timur, dan Sulistyanto, mantan dosen ITS sekaligus seorang pengusaha.

Menurut Syafii Tamam, kunci utama sebagai seorang entrepreneur terletak pada pengaturan mindset. “Mindset seorang enterpreneur sejati itu tidak mudah putus asa dan pandai dalam mencari peluang.” ujarnya. Hal ini merupakan mindset dasar seorang entrepreneur yang harus dipupuk sejak usia dini.

“Selain pengaturan mindset, cara kerja yang baik juga tidak kalah pentingnya bagi seorang entrepreneur,” tambah mantan dosen FTK tersebut. Menurutnya, cara kerja yang baik bukanlah bekerja keras, melainkan bekerja dengan cerdas . Dengan mengandalkan smart work, kita pasti bisa menjadi entrepreneur yang sukses di bidangnya masing-masing.

Sementara itu, Iskandar Zulkarnain dari KADIN Jawa Timur membawakan materi tentang etika dalam berbisnis. “Entrepreneur juga ada seninya sendiri dan butuh etika,” ujar lulusan Teknik Arsitektur ITS ini. Menurutnya, etika merupakan sebuah ujung tombak dari seorang pengusaha. Entrepreneur tanpa etika tidak mungkin bisa sukses.

Iskandar menambahkan, jiwa entrepreneur harus terus ditumbuhkan agar jangan sampai menjadi tikus mati di lumbung padi. Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, tetapi para entrepreneurnya sangatlah kurang. Oleh sebab itu beliau mengharapkan akan lahir enterpreneur muda di masa depan yang mampu mengolah sumber daya alam tersebut. (niv/mtb)

Berita Terkait