ITS News

Jumat, 03 Mei 2024
28 November 2008, 16:11

Rektor ITS Terima Penghargaan dari Soka Gakai

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Prof Hideo Yamamoto, penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa Prof Priyo Suprobo mengembangkan jalinan kerjasama penelitian dan pendidikan antara ITS dengan Universitas Soka, terutama dalam bidang lingkungan yang telah berlangsung hampir tiga tahun.  

Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan pelaksanaan Simposium Internasional hasil-hasil penelitian antara ITS dan Universitas Soka, yang bertema Waste Management for Sustainable Development in Asia.

Kegiatan yang melibatkan peneliti dari berbagai negara di Asia ini, juga dihadiri oleh lima peneliti dari Jurusan Teknik Lingkungan ITS yang didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.

Dalam sambutannya, Probo menyatakan bahwa penghargaan ini juga merupakan pengakuan atas kerja keras seluruh warga ITS. “Ini suatu kehormatan tertinggi bagi seluruh warga ITS karena Soka Gakai (lembaga yang dipimpin oleh Dr Daisaku Ikeda, Red) merupakan institusi yang disegani di dunia dikarenakan komitmennya yang sangat tinggi terhadap bidang kemanusiaan, lingkungan maupun perdamaian dunia,” ungkapnya.

Menurut Probo, sebagai pemimpin Soka Gakai, Dr Ikeda mempunyai pengaruh yang sangat luas di dunia. Sampai saat ini, Soka Gakai tercatat telah menerima 245 Doktor dan Professorship kehormatan dari berbagai universitas terkenal di lima benua.  

Dalam sejarahnya, ternyata universitas ini juga pernah memberikan penghargaan gelar Doctor Honoris  Causa (HC) kepada mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tahun 2002 lalu.

Penghargaan serupa ini juga pernah diberikan Universitas Soka kepada Duta Besar RI untuk Jepang, Yusuf Anwar. Sedang bagi ITS, ini merupakan pemberian kali kedua. Sebelumnya, mantan Rektor ITS yang sekarang menjabat Menkominfo RI Prof Dr Muhammad Nuh DEA juga pernah menerima penghargaan Soka University Award ini.(humas/f@y)

Berita Terkait