ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
21 November 2008, 11:11

Pra TD FTI Ajarkan Manajemen Diri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan perpustakaan pada Jumat sore, pelatihan ini resmi dilaksanakan. Dengan mengusung tema Membentuk Mahasiswa Mandiri Adaptif Disiplin Kreatif dan Berpikir Kritis Serta Solutif dengan Menjunjung Keintegralistikan FTI, pelatihan ini bertujuan untuk melatih keterampilan manajemen diri mahasiswa baru.

Salah seorang pemandu Pra TD menjelaskan bahwa dalam LKMM Pra TD ke VI ini, semua peserta dari sembilan jurusan tersebut akan dibaurkan menjadi lima regional. Kemudian setiap regional akan dibagi lagi menjadi enam distrik dengan jumlah peserta setiap distrik kurang lebih tiga puluh orang dari berbagai jurusan. Dan berdasarkan distrik inilah para peserta menempati ruang-ruang kelas untuk mendapatkan materi.

“Penentuan anggota setiap distrik yang berasal dari berbagai jurusan ini memungkinkan para peserta lebih mudah mengenal teman-temannya dari jurusan-juran lain," ujar Yanur, salah seorang pemandu.

Disisi lain, untuk memacu semangat para peserta dalam mengikuti pelatihan ini panitia telah mempersiapkan yel-yel untuk setiap regional. ”Dengan yel-yel ini diharapkan semangat para peserta untuk mengikuti pelatihan ini akan semakin tinggi. Bila sudah bersemangat tentu materi yang diberikan akan lebih mudah diserap,” tambah Yanur.

Kegiatan pelatihan yang direncanakan akan berlangsung selama tiga hari ini, di isi dengan materi seputar masalah manajemen diri. Selain itu, disisipkan pula sesi simulasi agar para peserta bisa mendapatkan gambaran jelas tentang bagaimana penerapan materi-materi yang mereka dapatkan. Proses simulasi ini akan dilaksanakan dalam bentuk permainan-permainan.

Melalui LKMM Pra TD ini diharapkan para mahasiswa baru tidak hanya mengenal teman-teman satu jurusan saja tetapi juga mengenal teman-teman dari jurusan-jurusan yang lainnya. "Dengan kata lain, keintegralistikan satu fakultas yang dalam hal ini FTI akan lebih mudah terwujud," pungkas Yanuar.(m6/f@y)

Berita Terkait