ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
20 November 2008, 22:11

Limbah Vetsin Jadi Bahan Bakar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Itu ditunjukkan mahasiswa D3 Teknik Kimia ITS dengan mengolah limbah pabrik mono sodium glutamate (MSG atau vetsin) menjadi arang. “Idenya muncul ketika perusahaan PT Sasa Inti share pada LPPM tentang pengolahan limbah,” ujar Ir Elly Agustiani M Eng, Ketua Unit Inkubator LPPM ITS yang membidangi temuan itu.

Seperti diketahui dalam proses pembuatan MSG pabrik pengelola menggunakan bahan baku tetes tebu. Agar tetes tebu yang berwarna hitam kecoklatan itu bisa digunakan selalu diperlukan karbon aktif sebagai bahan penjernih.

Sisa karbon aktif itu selama ini akan menjadi limbah begitu saja dan tidak dipergunakan. “Limbah sisa karbon aktif itu bisa berton-ton dan kadang juga memunculkan masalah tempat pembuangan, Nah dengan memanfaatkannya masyarakat dan pihak pabrik bisa mendapatkan keuntungan bersama,” terang Elly.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui limbah sisa karbon aktif dari pabrik MSG memiliki kandungan kalori yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Limbah karbon aktif memiliki kandungan 2.500 kalori per kg.

Untuk membuat arang dari bahan limbah bekas karbon aktif dari pabrik MSG hanya dibutuhkan sedikit bahan tambahan starch (kanji) dalam prose pengolahan. Starch di sini hanya difungsikan sebagai bahan perekat.

Sementara dari tahapan pembuatan, bahan limbah karbon aktif cukup dicampur dengan starch. Tahapan berikutnya yakni membuat cetakan arang dengan mengepres campuran sisa karbion aktif dan starch. Sebagai langkah terakhir adalah pengeringan. Setelah dikeringkan limbah karbon aktif itu sudah menjadi arang yang siap digunakan.

“Masyarakat bisa menggunakan sebagai bahan bakar alternative atau bisa juga dijual, dengan bahan baku yang tidak perlu membeli tentunya pemasukan yang didapat lumayan,” tambah alumni ITS yang juga lulusan Hiroshima University itu. rey

Berita Terkait