ITS News

Rabu, 15 Mei 2024
11 November 2008, 16:11

Tambah Uang Saku lewat Blog

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar yang dilaksanakan di Ruang Seminar FTK, Selasa (11/11) ini memiliki tujuan awal untuk mengatasi kejenuhan mahasiswa dalam berkuliah yang berujung pada penggunaan internet tidak pada semestinya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Koordinator Seminar, Ichwan Ibrahim. "Sudah saatnya internet digunakan lebih produktif dan menghasilkan sesuatu," ungkap Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ini.

Mengangkat tajuk Berinternet namun Menghasilkan ini dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa ITS umumnya dan khususnya mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan untuk tidak hanya sekedar mengakses internet, lanjut mahasiswa yang akrab disapa Ohim ini.

Hadir sebagai pembicara pada seminar, Putra Omega Habibi yang telah berkecimpung di bisnis online dan juga pengelola situs www.konconebudi.com. Omega memaparkan bahwa bisnis online ini sangat minim dana invesatasi, untuk memulainya hanya dibutuhkan konsistensi dan waktu untuk mengupdate berita ataupun informasi pada web dan blog. Oleh sebab itu kita harus memiliki web atau blog terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini," tandasnya.

Selanjutnya, Omega menerangkan bahwa untuk membuat blog menjadi lebih power dan menghasilkan, terdapat beberapa tambahan yang harus kita lakukan. "Jika sudah memiliki blog kita bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara, antara lain pay per click atau review," ujar pria berkacamata ini.

Omega menjelaskan secara terperinci untuk menghasilkan uang dapat melakukan kombinasi metode pay per click atau pun dengan metode lainnya. Misalnya dengan pay per click pemilik blog dapat menghasilkan uang dengan seberapa banyak pengunjung blog yang mengklik layanan iklan yang kita pasang pada blog. "Untuk menarik pengunjung kita tinggal membuat blog kita semenarik mungkin dan kita tinggal menunggu uang masuk ke rekening kita," ujar pria yang pernah berkuliah di ITS ini.

Lanjutnya, selain itu ada metode lainnya yang dapat menghasilkan pendapatan yang besar, yakni afiliasi, yaitu apabila pengunjung yang mengclick iklan dan melakukan transaksi maka pemilik blog juga akan mendapatkan sebagian dari keuntungan transaksi itu. "Cara ini tentunya lebih seru karena pemilik blog mendapatkan uang saku lebih," katanya.

Di akhir pemaparan, Omega memberikan tips yang jitu agar memudahkan pengunjung untuk mendatangi blog kita dengan menambah dan menspesifikasikan varian dari keyword. "Jika itu dilakukan maka search engine dapat dengan mudah mengidentifikasi blog kita," tutur pria yang mengaku blogger ini. Peringatan agar tidak mengubah dan melakukan manipulasi pada iklan, karena cepat atau lambat maka akan ditemukan dan blog atau web kita akan diblokir.

"Seminar ini cukup menarik, apalagi dikalangan mahasiswa FTK yang memang sangat minim pengetahuan blog dan web, semoga di lain waktu dapat diperpanjang pelaksanaanya," tutur Arief Maulana. Mahasiswa Teknik Perkapalan ini juga mengakui tertarik untuk mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. (fn/mtb)

Berita Terkait