ITS News

Rabu, 15 Mei 2024
19 Juni 2008, 17:06

ITS Akan Dirikan Fakultas Kebumian

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Saat ini, proposal untuk pendirian program studi (prodi) Geofisika dan Geologi tersebut masih digarap oleh tim ITS. Tim yang terdiri dari 5 orang ini diketuai Dekan Fakultas Ilmu Matematika dan IPA (FMIPA) Dr Ir Triwikantoro MSc. Sebab, kedua prodi baru ini sementara akan di bawah payung FMIPA.

Menurut Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, rencana pendirian fakultas Kebumian di ITS ini sebenarnya terhitung cukup lambat dapat direalisasikan. Sebab, ITS sudah lama diminta Pemprov Jatim mendirikan fakultas yang membidangi ilmu kebumian dan pertambangan ini ketika di bawah kepemimpinan Prof Soegiono (rektor ITS sebelum Prof Muhammad Nuh DEA, red). “Sekarang ini harus segera kami realisasikan, mengingat semakin banyaknya peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di sekitar kita yang butuh penanganan khusus,” tutur rektor yang terbiasa disapa Probo ini.

Peristiwa alam tersebut antara lain, gempa bumi yang berkali-kali terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, dan juga semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo yang sudah berlangsung dua tahun ini tanpa henti. “Selain itu, juga cukup banyak kekayaan alam di wilayah Indonesia timur yang bisa digali dan butuh penanganan lebih lanjut berdasarkan keilmuan yang ada,” imbuhnya mengingatkan.

Apalagi, kata Probo, saat ini ITS juga telah memiliki sejumlah program studi atau bidang ilmu yang terkait dengan ilmu kebumian maupun pertambangan seperti geomatika, geofisika, dan geologi. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda pendirian fakultas kebumian tersebut.

Sementara itu, Dekan FMIPA ITS, Dr Ir Rernat Triwikantoro MSc mengatakan, bahwa proposal yang sedang dikerjakan timnya ditargetkan sudah bisa diterima oleh Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) paling lambat semester depan. Sehingga, diharapkan pada tahun ajaran 2009-2010, kedua prodi tersebut sudah terealisasi dan mulai menerima mahasiswa baru. “Setelah nantinya kedua prodi ini berjalan 3-5 tahun ke depan, barulah kami usahakan sudah bisa terbentuk fakultas kebumian di ITS ini,” jelas Triwikantoro.

Rencananya, selain kedua prodi tersebut, di dalam Fakultas Kebumian juga akan dibuka prodi Geomatika dan Perminyakan. “Nantinya ada beberapa program studi yang sudah ada dipecah untuk dimasukkan ke fakultas kebumian ini,” ungkapnya. Prodi atau bidang ilmu yang nantinya kemungkinan akan dipecah untuk masuk atau diajarkan di Fakultas Kebumian antara lain, ilmu geofisika diambil dari jurusan Fisika FMIPA, prodi Geomatika diambil dari FTSP, serta bidang ilmu geologi yang diajarkan di jurusan Teknik Sipil, Teknik Kelautan dan Fisika FMIPA. (humas/th@)

Berita Terkait