ITS News

Senin, 29 April 2024
25 Mei 2008, 13:05

Keceriaan Warnai Pelatihan Komputer

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan sabar, Teguh Prasetyo menyampaikan materi kepada anak-anak yang rata-rata merupakan siswa sekolah dasar ini. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 di ruang IF 105 ini dihadiri 34 anak dari Panti Asuhan Al Islam dan Yayasan Ponpes Hidayatullah.

Mereka memperhatikannya dengan serius seakan tiap penjelasan tidak boleh terlewatkan. Sesekali mahasiswa angkatan 2007 ini melemparkan sebuah pertanyaan kepada mereka. ”Gimana, sudah bisa kan?,” tanyanya.

Ia menyampaikan materi pada sesi pertama yaitu tentang pengenalan windows. Mulai dari pengenalan apa itu icon sampai bagaimana cara merubah background sesuai keinginan para peserta. Pada pelatihan ini, tiap dua peserta memegang satu laptop dan dibimbing oleh satu mahasiswa.

Untuk merangsang keaktifan peserta, Teguh mulai kembali memberikan pertanyaan. ”Ayo, siapa yang tahu apa itu screensaver, yang bisa jawab dapat hadiah!,” ujarnya dengan nada semangat. Merasa terpancing, salah satu peserta menjawab dengan lugu. ”Itu mas, gambar yang bergerak-gerak,” jelas Zainul yang masih duduk di bangku SD ini.

Sama seperti Zainul, Aris yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak ini pun sering bertanya kepada pembimbing. Ia mengaku senang dengan acara ini dan tidak kesulitan mengikuti penjelasan pembimbing. ”Senang, aku sudah belajar gambar-gambar tadi dan sudah bisa,” tuturnya sambil tersenyum.

Pertanyaan-pertanyaan pun sering terlontar selama acara yang dibagi menjadi tiga sesi ini. “Memang, disini kita dilatih kesabaran dalam mengajari anak-anak,” ujar salah satu pembimbing. Terkadang panitia sendiri kerepotan untuk meladeni pertanyaan peserta. Sementara pada sesi selanjutnya para peserta mendapatkan materi seputar Microsoft Office seperti Words, Excel dan Power Point.

Jefri Valentino, ketua panitia acara ini mengungkapkan bahwa tujuan dari acara ini adalah sebagai kegiatan sosial kepada masyarakat sekitar ITS. ”Di sekitar ITS banyak yang tidak mampu, minimal kita bisa membantu lewat bidang kita dengan pengenalan komputer,” jelasnya. Setelah acara ini, Ia berharap para peserta dapat memahami dasar-dasar komputer. ”Pengenalan pada tutorial ini sebagai awalan saja,” ungkap Jefri (bah/rif).

Berita Terkait