ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
10 Maret 2008, 07:03

Festival Nyepi, Tingkatkan Harmonisasi Sesama

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Adapun buku yang dibedah kali ini berjudul Hindu Akan Ada Selamanya. Buku karangan Ngakan Made Madrasuta tersebut dibedah oleh tiga pembicara sekaligus. Yaitu, oleh pengarangnya sendiri, Prof Dr I Made Arya Djoni selaku penasihat TPKH ITS, dan Dr Paridjata Westra, Ketua Litbang Perhimpunan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surabaya.

Menurut Nyoman Yuni Sastriana, ketua panitia TPKH Nyepi Fetival, selain untuk membina umat, kegiatan bedah buku tersebut juga merupakan wadah implementasi kegiatan keorganisasian mahasiwa Hindu.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang perkenalan antar organisasi Hindu se-Surabaya, khususnya para mahasiswanya yang tersebar di perguruan tinggi lainnya,” ungkap mahasiswa Teknik Elektro yang biasa disapa Komkom ini.

Komkom juga sedikit mengulas, secara garis besar buku yang dibedah berisikan motivasi bagi umat Hindu bahwa mereka tidak sendiri, bahwa ada umat-umat Hindu lainnya. “Untuk itu sesama umat Hindu juga perlu menjaga keharmonisannya, juga toleransinya dengan umat lain,” ujar Komkom.

Hal ini sesuai dengan tema yang diusung TPKH Nyepi Festival, Dengan Semangat Nyepi Kita Tingkakan Harmonisasi ke Dalam dan Harmonisasi Keluar.

Sama dengan tahun sebelumnya, Nyepi kali ini juga akan lebih dimeriahkan dengan TPKH Games. Acara yang akan dilaksanakan di Watilan Agung Dewa Ruci Pura Segara Kenjeran Surabaya, Ahad (16/3) ini akan menyuguhkan banyak game-game seru.

Beberapa game yang akan dihelat antara lain membuat canang sari, semacam alat upacara bagi umat Hindu, memasak makanan khas Bali, lomba bakiak, sampai cerdas cermat antar siswa se-Surabaya. (Zn/rif).

Berita Terkait